Wujudkan Nilai-Nilai Pancasila sebagai Keperibadian Bangsa

Wakil Wali Kota Palembang H Harnojoyo saat menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di BKB

Wakil Wali Kota Palembang H Harnojoyo saat menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di BKB

PALEMBANG, KS-Generasi muda bangsa ini memiliki tanggungjawab besar. Sebab di masa mendatang, tanggung jawab bangsa ini ada di pundak generasi muda. “Mereka, adalah tumpuan harapan sebagai calon pemimpin bangsa ini untuk di masa mendatang,” ujar Wali Kota Palembang, H Romi Herton, SH,MH, yang diwakili Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo, pada saat memperingati Hari Kesaktian Pancasila di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Palembang, Selasa (1/10) di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB).

Lebih lanjut, Harno mengatakan, keberhasilan para generasi bangsa saat inilah yang diharapkan diharapkan. Sebab, menjrut Harno, di masa mendatang tanggung jawab bangsa ini ada di pundak generasi muda. “Mereka menjadi tumpuan sebagai pemimpin bangsa ini, dan merekalah calon pemimpin bangsa ini untuk masa yang akan datang,” tegasnya.

Oleh sebab itu, Harno menegaskan, khususnya kepada para generasi muda, seharusnya dapat menjadi contoh dan suri tauladan, bagaimana perjuangan bangsa kita dahulu memperjuangakan, mempersatukan bangsa ini agar tidak terpecah-pecah oleh hasutan dari bangsa asing. “Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan dapat menjadi tonggak sejarah kita. Dan kepada generasi penerus bangsa, agar bisa memaknai Hari Kesaktian Pancasila ini, agar kedepan kita menjadi bangsa yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Harno menembahkan, tanggal 1 Oktober adalah hari bersejarah tentang kesaktian Pancasila. Oleh sebab itu sangat jelas, Pancasila merupakan fundamental bangsa dan negara kita. “Banyak orang-orang yang tidak menginginkan bangsa ini baik, aman, tentram, maka kita sebagai warga negara Indonesia wajib mengamankan dan mengamalkan Pancasila sebagai ketahanan bangsa dan Negara kita,” jelasnya.

Terkait dengan peringatanm Hari Kesaktian Pancasila, Harno berharap kepada para generasi penerus bangsa khsusunya pemuda Kota Palembang bisa melakukan, membangkitkan nilai-nilai sejarah dari pada Pancasila tersebut, sebagaimana Pancasila yang disepakati sebagai dasar negara. “Dengan diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober, pihaknya berharap semua lapisan dapat mewujudkan nilai-nilai pancasila sebagai kepribadian bangsa,” tegasnya.

Upacara yang berlangsung khidmat itu, diikuti oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, H Ucok Hidayat, Ketua DPRD Kota Palembang Akhmad Novan, pimpinan SKPD dan Camat dan jajatan SKPD Kota Palembang. Bertindak sebagai inspekur upacara, Wali Kota Palembang, H Romi Herton SH MH, melalui Wakil Wali Kota Palembang, H Harnojoyo. (ADV)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *