Terapkan Sistem Pajak Online

Ilst. Pajak Online

Ilst. Pajak Online

PALEMBANG, KS-Kedepan masyarakat Kota Palembang, tidak perlu repot-repot untuk pajak mereka seperti pajak bumi bangunan (PBB) dengan mendatangi bank atau kelurahan. Sebab  Pemerintah Kota (pemkot) Palembang, akan menerapkan sistem pajak online.

Untuk penerapan sistem ini menurut Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo, pemkot saat ini sedang melakukan perbandingan beberapa bank yang dinilai berpotensi memberikan keuntungan dan bisa peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Palembang.

“Kita masih lakukan peninjauan terlebih dahulu bagi bank ini, pemkot akan membuat rencana sistem pajak online dengan menggandeng bank,”ungkap Harnojoyo yang dibincangi usai audensi Direksi Bank Sumsel Babel di Balai Kota Palembang, Selasa (1/10).

Ia menyebut, pemkot sudah pernah bertemu dengan BRI. Tapi, itu masih dalam tahap peninjauan, sama halnya dengan bang Sumsel Babel. “Sudah ada beberapa kota di Indonesia, yang melakukan hal tersebut, seperti Jakarta dan Bogor yang telah menerapkan sistem tersebut,” ucapnya.

Dengan sistem ini sebut Harno, di harapkan bisa menekan kebocoran pembayaran pajak. Sehingga dengan demikian, bisa mendongkrak PAD. “Ini langkah yang baik untuk mengoptimalkan pajak daerah. Sistem ini, lebih praktis. Misalnya pengunjung restoran yang makan di restoran ,bisa langsung dipotong pajaknya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Palembang, Agus Kelana mengatakan, dengan sistem ini semua perusahaan yang menjadi wajib pajak (WP) akan di ajak bekerjasama. “Kita ajak semua perusahaan, ini semua untuk meningkatkan PAD. Kita berharap tahun ini selesai, sehingga tahun depan sudah dapat menerapkan layan sistem pajak online,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *