Seleksi Komisioner KPU Palembang

kpu

PALEMBANG, KS-Peminat kursi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, cukup membludak. Umumnya di dominasi kalangan profesional dan akademis. Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, kemarin, sejak hari pertama pendaftaran dibuka oleh timsel sudah ada 120 orang yang mengambil formulir di Sekretariat Timsel KPU Kota Palembang di Jalan BLPT, Kemuning, Palembang.

Sekretaris timsel KPU Palembang, Muhammad Akbar, menjelaskan, pihaknya mulai membuka pendaftaran bagi calon anggota KPU Palembang sejak 30 September  sampai  4 Oktober mendatang.

“Hingga pukul 14.30 WIB, hari ini (kemarin) sudah 120 calon peserta yang sudah mengambil formulir pendaftaran di timsel, yang didominasi kalangan profesional dan akademisi,” kata Akbar, kemarin.

Akbar menambahkan, pihaknya menjadwalkan pelaksanaan seleksi administrasi bagi para calon peserta seleksi ini nantinya pada 5 – 6 Oktober, yang dilanjutkan dengan seleksi tertulis, bagi yang dinyatakan lolos seleksi administrasi pada 10 Oktober, mendatang. “Saya belum mengetahui, apakah semua komisioner KPU Kota Palembang yang menjabat sekarang, telah mengambil formulir semua, atau belum,” ucapnya.

Sementara, Ketua timsel KPUD Palembang, Bambang Hariyanto, mengungkapkan, pendaftaran dilakukan dalam rangka melaksanakan ketentuan pasal 22 ayat 3, Undang-Undang Nomor 15/2011, tentang penyelenggaraan Pemilu, tim seleksi dan membuka pendaftaran calon anggota KPUD kabupaten/kota di Sumsel.

Sedangkan persyaratan, bagi calon anggota KPUD Palembang sendiri, telah ditetapkan dan tercantum pula pada pasal 11 UU No 15 tahun 2011. “Berdasarkan ketentuan tersebut kami membuka kesempatan bagi warga Palembang untuk mengikuti seleksi,” katanya.

Bambang mengatakan, formulir kelengkapan administrasi persyaratan calon anggota KPU Palembang dan keterangan lanjutan dapat diperoleh di kantor sekretariat Timsel KPU Palembang. “Dokumen pendaftaran dapat diantar langsung atau melalui jasa pengiriman pos ke sekretariat tim seleksi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, seleksi akan dilaksanakan dalam lima tahapan dengan sistem gugur dan terjadwal yakni seleksi administrasi direncanakan berlangsung awal Oktober 2013.  “Jika dalam proses ini calon memenuhi syarat atau tidak, untuk ikut test selanjut,” jelas Bambang yang juga berprofesi sebagai advokad ini.

Lebih lanjut menurut Bambang, selain seleksi administrasi dan tertulis nantinya, juga ada beberapa rangkaian seleksi lainnya, seperti tes kesehatan, tes psikologi dan seleksi wawancara. Dimana dalam proses 4 tahapan ini menggunakan sistem akumulasi penilaian, menggunakan metode perangkingan.

“Awal november diharapkan test selesai, dan kita menyerahkan 10 nama calon komisioner KPUD Palembang ini, ke KPU Sumsel untuk test uji kelayakan dan kepatutan,” pungkas Bambang.

Terpisah, komisioner KPU Palembang, Abdul Karim Nasution, mengakui telah mengambil formulir pendaftaran sebagai calon anggota KPUD Palembang, periode berikutnya, meski belum dapat memastikan, apakah akan meneruskan niatannya itu, hingga proses seleksi berakhir nantinya. “Kalau formulir sudah diambil, tapi belum diputuskan apakah nanti, jadi ikut seleksi atau tidak,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *