Pemprov Siapkan Dana Rp48,9 M

Ilst. Tol Indralaya - Palembang

Ilst. Tol Indralaya – Palembang | Antaranews.com

PALEMBANG, KS-Pembangunan jalan tol yang menghubungkan Palembang – Indralaya, saat ini masih dalam tahap pembebasan lahan. Hal ini terungkap dalam rapat antara Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dengan pihak terkait, Selasa (1/10).

Dalam   rapat yang dihadiri Badan Pertanahan Nasional (BPN) serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir, dan  Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III di Griya Agung,  Palembang itu, Asisten I Pemprov Sumsel, Mukti Sulaiman mengatakan, pembebasan lahan dibagi dalam beberapa section.

Section pertama dengan sepanjang 7  kilometer, dengan lebar 80 luas. Sehingga lahan  yang perlu dibebaskan kata Mukti, seluas 56 hektar. “Pembebasan lahan di mulai dari Jakabaring. Pemprov Sumsel, sudah menyiapkan dana untuk ganti rugi sebesar Rp48,9 miliar. Namun kita masih menunggu SK pengadaan tanah dari BPN dan invetarisasi pengadaan tanah,” jelas Mukti.

Sementara itu, Kepala BPN Sumsel, Afrizal menyebut, dalam pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol tersebut, BPN berpedoman pada Undang-Undang (UU) tentang pengadaan tanah terbaru, yang tentunya sangat berbeda dengan peraturan sebelumnya.

“Contohnya, untuk menentukan nilai tanah sebutnya, jika mengikuti peraturan yang lalu  maka pemerintahlah yang berhak menentukan nilai tanah. Sedangkan menurut peraturan pemerintah tahun 2012,  nilai tanah ditentukan oleh lembaga independent yang sudah kredibel,”ungkapnya.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyambut baik dan mengapresiasi kinerja berbagai pihak dalam pelaksanaan pembangunan jalan tol Palembang –  Inderalaya ini.  “Rapat ini tinggal menyamakan persepsi dan kesiapan berkerja, Kita dapat mengambil hikmah dari waktu yang sangat singkat ini, kekurangan yang ada harus segara diperbaiki ditahun yang akan datang,” terang Alex.

Selanjutnya, Alex berpesan untuk tim yang sudah ada agar lebih ditingkatkan kinerjanya dan bersiap dengan project lainya di Sumatera Selatan. Saat ini. Sumatera Selatan merupakan daerah yang menjadi primadona.  Baru saja Sumsel menyelenggarakan event bergengsi bertaraf internasional, yakni Islamic Solidarty Games III.

“Nama Sumsel, sudah banyak dikenal di kancah internasional, berbagai project akan terus dikembangkan untuk kesejahtraan rakyat. Sumsel saat ini, sedang bagus-bagusnya,” kata Alex.

Setelah ISG yang hampir dipastikan Indonesia menjadi juara umum, bulan depan Kota Palembang kembali menjadi tuan rumah Taruna Siaga Bencana yang diikuti oleh 11 Negara Asean plus Jepang, Korea dan China. Sumsel menjadi tuan rumah Asean Universiti Games yang diikuti mahasiswa se-Asean, yang melibatkan sekitar 12.000. kita harus fokus menyiapkan berbagai infrastruktur. “Artinya Sumsel, kini menjadi perhatian dunia internasional. Karenanya percepatan pembangunan infrastruktur harus kita lakukan,” tukasnya.

Teks     : Imam Mahfudz Ali
Editor  : Dicky Wahyudi




2 thoughts on “Pemprov Siapkan Dana Rp48,9 M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *