PD Pasar Gandeng BTN Untuk Tingkatkan Retribusi

Ilst.

Ilst.

PALEMBANG, KS-Untuk meningkatkan retribusi pedagang pasar, Pemerintah Kota Palembang, melalui PD Pasar Palembang Jaya akan menggandeng Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah untuk menggunakan sistem aplikasi tenant pasar.

Kepala Cabang BTN Syariah Palembang, Wibowo Pudjiantoro mengatakan, dengan menggunakan sistem tersebut, proses penagihannya akan menggunakan sistem koneksi jaringan.

Aplikasi tenant pasar telah di implementasikan di beberapa kota, seperti Serang, Bandung, dan Jakarta. Saat ini Palembang, merupakan kota ke empat yang akan memiliki sistem serupa.

“Dengan menggunakan sistem ini, semuanya akan transparan, penagih akan dilengkapi dengan smartphone dan setiap tagihan yang masuk akan terdata secara akurat,”ungkap Wibowo, Selasa (1/10).

Sambung Wibowo, dalam pelaksanaanya nanti, semua pemilik lapak/kios akan ditagih oleh kolektor baik retribusi, uang parkir dan lainnya, kemudian dimasukkan kedalam database. “Untuk penagih/kolektor tergantung dengan manajemen pasar sendiri, berapa banyak kolektor yang akan digunakan,”jelasnya.

Lebih jauh Wibowo menjelaskan, sebelum sistem ini benar-benar diaplikasikan, seluruh petugas akan ditraining selama beberapa hari untuk mengetahui pengoperasiannya. “Dengan sistem yang terkoneksi, maka tidak ada lagi penagihan penyeragaman seperti yang banyak terjadi di lapangan. Karena dalam aplikasi yang kami miliki, setiap pemilik telah terdata secara keseluruan. Pemilik kios akan membayar uang sewa atau retribusi sesuai luas bangunan saja,”bebernya.

Sementara itu, anggota Pengawas PD Pasar Palembang Jaya, Hermanto Wijaya mengatakan, pihaknya merespon positif terkait tawaran dari BTN tersebut. PD Pasar sambungnya, meminta BTN menyiapkan seluruh aplikasi dalam waktu dekat. Dengan proses yang lebih cepat, diharapkan pendapatan dari retribusi pasar  bisa segera meningkat. “Kita akan lakukan secara serentak untuk 38 pasar  tardisional yang ada di Palembang. Nantinya akan ada penataan lagi bila sistem ini sudah berjalan,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *