Jiwa Nasionalisme Dinilai Memudar

Ilustrasi Bendera

Ilustrasi Bendera

PALEMBANG | KS-Ditengah pesatnya kemajuan terknologi informasi saat ini, kaum muda rentan kurang peka terhadap hal-hal yang berbau nasionalisme. Bahkan kecenderungan tidak memiliki jiwa nasionalis. Demikian diungkapkan Guru Besar Sosiolog dan juga Direktur Pasca Sarjana IAIN Raden Fatah Palembang, Prof. Abdullah Idi saat mengisi seminar di Grand Atyasa Convention Center, Demang Lebar Daun, Selasa (1/10).

Menurutnya, media komunikasi serta budaya luar juga menjadi faktor hilangnya nasionalisme para penerus bangsa, untuk itu perlunya meningkatkan rasa cinta tanah air kepada generasi penerus bangsa dan nasionalisme mendarah daging dalam diri masyarakat, khususnya kaum muda. “Kita prihatin sekali melihat generasi penerus banyak yang kurang menyadari pentingnya memiliki jiwa nasionalis,”katanya.

Tak hanya kaum muda, Abdullah Idi turut meminta masyarakat khususnya Palembang untuk tidak terlalu terlena menikmati hidup. Kehidupan saat ini merupakan buah dari kemerdekaan yang tak lepas dari jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam memujudkan kedaulatan negeri ini.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksan dan juga Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Palembang, Citra Martikalini menuturkan kegiatan seminar ini sekaligus ditujukan untuk pengembangan wawasan tentang nilai kebangsaan kepada siswa-siswi sekolah.

“Diharapkan, generasi yang akan datang dapat menumbuhkan rasa cinta kepada Negara didalam diri masing-masing,” katanya.

Kaum pelajar Khsusnya Palembang, cukup antusias menyambut kegiatan sosialisasi itu, terutama siswa yang dilibatkan. Mereka mengapresiasi langkah pemerintah dalam pengembangan pribadi siswa agar lebih nasionalis.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *