Hewan Kaki Empat Berkeliaran di Ibukota Kabupaten

Ilst Hewan Qurban |

Ilst Hewan Kaki Empat (Sapi)

PALI, KS-Meskipun didapuk sebagai Ibukota Kabupaten, tidak otomatis menjadikan Talang Ubi sebagai kota yang bersih dan bebas hewan piaraan, sebagaimana ibukota kabupaten lainnya. Terbukti, hingga kemarin, masih banyak hewan piaraan berkaki empat yang berkeliaran di Talang Ubi, Ibukota Kabupaten PALI.

Bila Anda datang ke kota ini, akan terlihat sejumlah kambing yang berkeliaran. Seperti di seputar pasar, terminal maupun Simpang Lima. Kambing yang berkeliaran itu, menurut sejumlah warga bukan hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha, melainkan hewan piaraan warga yang sengaja dilepas berkeliaran.

Pemandangan unik ini terlihat di terminal Talang Ubi. Disaat kendaraan dari desa-desa sedang menurunkan penumpang, sejumlah kambing dengan bebasnya melenggang di tengah pengunjung terminal. Mereka tak ubahnya seperti penumpang yang mencari angkutan. “Sudah dari dulu seperti ini. Dan kami juga sudah terbiasa. Yang penting kambing-kambing itu tidak mengganggu,” ujar salah satu pedagang di terminal itu saat ditanya Kabar Sumatera (KS), Senin (30/9).

Namun di pihak lain, banyaknya hewan piraan berkaki empat yang berkeliaran itu menurut sejumlah warga sebagai tanda kalau di Talang Ubi menjadi daerah nyang aman dari pencurian. “Ini pertanda Talang Ubi ini aman. Buktinya kambing disini tidak ada yang hilang,” seloroh Heru warga lainnya. Sampai berita ini ditulis belum ada peraturan yang dikeluarkan dari pihak terkait tentang hewan yang berkeliaran di Ibukota Kabupaten PALI.

Pembenahan Struktur

Menanggapi hal itu, Kasatpol PP Mukhlis Nabil BA saat dibincangi wartawan mengatakan, pihaknya sudah menyadari pentingnya penertiban hewan-hewan itu. Namun saat ini pihaknya masih fokus pembenahan struktur dan kantor yang baru pindah. “Nanti kita akan tertibkan, yang jelas kita akan lihat juga perda nya bagaimana. Pokoknya secara perlahan akan kita tertibkan semua,” ujar Mukhlis.

TEKS : INDRA SETRIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *