126 Jemaah Haji Pagaralam Resmi Diberangkatkan

PAGARALAM, KS-Sebanyak 126 jemaah calon haji (JCH), asal Pagaralam resmi diberangkatkan dan dilepas oleh Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati Basjuni. Mereka dilepas langsung dari halaman Masjid Al Akbar, Kompleks Eks MTQ, jalan Laskar Wanita Mintarjo, Selasa (1/10).

Menurut Walikota, keberangkatan haji di tiap daerah merupakan tanda-tanda ekonomi darah masih berjalan baik, termasuk pula pemahaman agama masyarakat jauh lebih baik. Mengingat untuk naik haji tentunya dibutuhkan dana yang besar, begitu pula membutuhkan waktu yang cukup panjang ketika mendaftar sebagai calon jemaah haji.

“Saat menjalanakan ibadah haji, diharapkan agar  selalu menjaga kesehatan, kesabaran dan keikhlasan. Selain itu dapat menahan diri ketika berada di Tanah Suci serta dapat mempertanggungjawabkan diri sebagai haji setelah selesai melaksanakan haji,” terang Ida.

Lebih jauh ia mengatakan, sesuai dengan surat edaran yang diterima, sebanyak 126 CJH Kota Pagaralam masuk kloter 12. Untuk jadwal masuk asrama haji di Palembang pada 1 Oktober. Sedangkan jadwal keberangkatan menuju Tanah Suci Mekkah pada 2 Oktober 2013.

Pada kesempatan itu pula, Ida mengatakan, dalam waktu dekat kemungkinan kuota keberangkatan musim haji mendatang akan bertambah dan secara otomatis CJH Kota Pagaralam ikut bertambah. Sejauh ini jumlah warga Pagaralam yang hendak menunaikan ibadah haji terus mengalami kenaikan. Hal ini bisa dikatakan minat dan antusias masyarakat semakin tinggi.

“Semoga melalui tingginya animo masyarakat ini dapat diiringi dengan bertambahnya kuota haji Kota Pagaralam kedepan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, diimbau kepada seluruh CJH yang akan menunaikan ibadah haji agar dapat selalu menjaga kesehatan dengan memperbanyak olahraga maupun mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Karena kesehatan merupakan modal utama dengan diiringi niat dan kesungguhan.

“Meski begitu, bagi CJH agar dapat mendatangi ataupun menginformasikan tim kesehatan jika jemaah mengalami kondisi tidak enak badan ketika berada di tanah suci,” sebutnya.

Pantauan dilapangan, pelepasan calon jemaah haji ini dipadati warga yang terdiri dari kerabat maupun sanak keluarga. Mereka terlihat memadati pelataran kompleks MTQ sejak pagi dengan setia menunggu hingga seluruh jemaah meninggalkan lokasi dengan difasilitasi sebanyak 4 bus keberangkatan.

Teks : Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *