DPRD Apresiasi Buku Pedoman PBMD

bukuMUSIRAWAS | KS-Adanya program pendidikan berbasis Agama dengan konteks budaya lokal Musirawas merupakan dukungan di bidang pendidikan menuju program Musirawas Darussalam.

Kurikulum Pendidikan Budaya Musirawas Darussalam (PBMD) yang telah diterapkan tahun ini melalui pelajaran muatan lokal (Mulok) diharapkan dapat memberantas buta aksara Al-Qur’an. Sedangkan program jangka panjang dapat membina kepribadian dan akhlak anak didik sehari-hari sesuai dengan akhlak Islami.

Menanggapi PBMD, Koordinator Komisi IV DPRD Kabupaten Musirawas yang membidangi pendidikan, Suhari menyampaikan bahwa  penerapan kurikulum PBMD di sekolah mesti disusun petunjuk pelaksanaan (juklak) sehingga materi yang diberikan dapat mencapai output yang diinginkan.

“Terjadinya perbedaan jam pelajaran Mulok PBMD di beberapa sekolah mesti diseragamkan sehingga dalam penerapan kurikulum dapat mencapai output sesuai target,”kata Suhari disela-sela acara sosialisasi PKS kepada organisasi Supir Angkot Bersatu (SAB), Senin (30/09) di RM Lembah Anai, Lubuklinggau.

Menurutnya, pihaknya sangat mengapresiasi buku pedoman PBMD yang mengacu kepada kurikulum maka dari itu buku yang sudah disusun tersebut agar dapat segera didistribusikan atau digunakan pihak sekolah sebagai acuan mata pelajaran Mulok PBMD.

Kemudian mengenai keluhan beberapa guru agama yang belum disertifikasi melalui kemenag, Suhari mengatakan semestinya pihak kemenag dapat merespon segera usulan guru agama yang mengajar disekolah umum bila memang mereka telah memenuhi syarat.

“Kami menghimbau juga kepada PGRI agar dapat memperjuangkan guru agama untuk sertifikasi melalui Kemenag. Kemudian antara PGRI, Dinas Pendidikan maupun Kemenag dapat berkoordinasi agar SDM untuk guru agama ini dapat ditingkatkan, demikian juga mengenai guru Mulok PBMD,” kata Suhari.

TEKS : faisol

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *