Tes TOEFL, Persiapan Masuk Perguruan Tinggi dan Mencari Kerja

Toefl

Toefl

PALEMBANG | KS-Bahasa inggris merupakan tuntutan zaman pasalnya, Di era globalisasi saat ini teknologi semakin berkembang dan untuk memahami hal tersebut diperlukan penguasaan teknologi dan bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Tanpa menguasai bahasa Inggris maka akan ketinggalan zaman.

Menangkap sinyal itu, Yayasan Hasanah Center  berkerjasama dengan Masika ICMI Korwil Sumsel, PT. Limbersa, dan Media Harian Umum Kabar Sumatera  mengadakan tes TOEFL Prediction di gedung Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Sabtu (28/9). Peserta pada tes TOEFL sendiri di ikuti sebanyak 120  siswa, mahasiswa, dan karyawan.

Menurut Direktur Hasanah Center dan Juga Ketua Umum Masika ICMI Korwil Sumsel Nurhasah Akmal M.Si, mengatakan, untuk kegiatan ini baru pertama kalinya, adapun tujuan kegiatan adalah agar dapat membantu para pesrta mengikuti beberapa hal misalnya, melamar pekerjaan, atau siswa yang akan masuk pada universitas perguruan tinggi negeri.

“Tes ini diperuntukkan bagi peserta melanjutkan pendidikannya ke universitas di luar negeri, dan juga karyawan yang mencari pekerjaan di bidangnya,” ujarnya.

Lanjutnya, bagi siswa, mahasiswa, dan karyawan yang mencapai nilai 300 keatas akan mendapatkan setifikat dari ELI-GMU (English Language Institute – George Mason University Virginia, USA) di Jakarta dan beasiswa untuk belajar lebih dalam lagi bahasa inggrisnya di Jakarta.

“ Ia, rencananya untuk siswa yang mendapatkan nilai terbesar, pihaknya akan memberikan beasiswa untuk mengikuti sekolah TOEFL di Jakarta,” ujarnya.

Menurut Ketua Pelaksana Sepriyati MH, TOEFL ini merupakan standarisasi kemampuan bahasa inggris seseorang secara tulisan (de jure) yang meliputi listening, writing, reading dan speaking yang diakui oleh dunia. Kegiatan tes TOEFL merupakan program Yayasan Hasanah Center untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris di kalangan siswa, mahasiswa, dan karyawan.

Meskipun para peserta sudah mengikuti praktik bahasa Inggris waktu di bangku sekolah, namunkegiatan tes TOEFL diperlukan  karena materi dan cara penilaiannya berbeda.

“ Apalagi para peserta nanti akan mendapatkan sertifikat TOEFL yang dapat digunakan untuk kepentingan akademis seperti melanjutkan kuliah keperguruan tinggi atau untuk bekerja,” katanya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *