Aset Syariah Qatar 100 Miliar Dolar AS

Qatar Islamic Bank

Qatar Islamic Bank

QATAR KS-Aset perbankan syariah Qatar diperkirakan tumbuh menjadi 100 miliar dolar AS pada 2017. Angka tersebut naik dari 54 miliar dolar AS pada 2012.

Direktur Asosiasi Standard & Poor di Doha, Timucin Engin memproyeksi bank syariah Qatar tumbuh rata-rata 15 persen selama lima tahun ke depan. “Secara signifikan ini lebih rendah dari rata-rata lima tahun sebelumnya yakni 35 persen,” ujarnya seperti dikutip Gulf News, Jumat (20/9).

Engin menyebut pertumbuhan aset pada 2017 akan membuat pasar perbankan syariah Qatar menjadi ketiga terbesar di kawasan Teluk, setelah Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Qatar saat ini memiliki salah satu sektor perbankan syariah dengan pertumbuhan tercepat di dunia, berkat lonjakan permintaan pembiayaan lokal untuk infrastruktur pemerintah dan proyek-proyek investasi. “Kami percaya permintaan ini akan bertahan. Karena itu aset bank syariah Qatar akan terus tumbuh,” ucapnya.

Pendorong utama pertumbuhan pembiayaan domestik di Qatar adalah infrastruktur yang didanai pemerintah dan proyek-proyek investasi. Pemerintah menjamin bahwa setidaknya sebagian proyek besar tersebut disusun sesuai hukum syariah untuk memungkinkan bank syariah berpartisipasi.

Sebagai akibat dari tindakan mendukung pemerintah, sektor perbankan syariah Qatar telah tumbuh lebih cepat dari sektor perbankan secara keseluruhan selama beberapa tahun terakhir. Antara 2006 dan 2012, pinjaman domestik dan deposito bank-bank syariah Qatar tumbuh rata-rata masing-masing 46 persen dan 40 persen. Angka tersebut melampui pinjaman domestik dan deposito perbankan secara keseluruhan 31 persen dan 23 persen.

Pangsa pasar pembiayaan domestik bank syariah Qatar meningkat dari 13 persen pada 2006 menjadi 25 persen pada akhir 2012, sedangkan pangsa deposito meningkat dari 13 persen menjadi 28 persen. Pertumbuhan bank syariah Qatar memiliki dampak bagi bank konvensional di negara itu. Sebagian besar bank konvensional kecuali Bank Nasional Qatar (QNB) kehilangan pangsa pasar untuk para pemain syariah selama beberapa tahun terakhir. Di saat yang sama, bank-bank konvensional besar lainnya telah menghadapi persaingan signifikan dari bank syariah, khususnya di sektor pinjaman ritel.

Saat ini ada empat bank syariah di Qatar dengan basis aset gabungan 54,4 miliar dolar AS pada Juni 2013. Engin mengatakan pihaknya belum melihat adanya kemajuan nyata pada periode ini. Profil pinjaman dari bank syariah sebagian besar sejajar dengan rekan-rekan perbankan konvensional.

Engin memperingatkan bahwa populasi bankable kecil Qatar bisa membatasi pertumbuhan bank syariah. Jumlah penduduk Qatar saat ini kurang dari 2 juta orang. Eekspatriat dan pekerja asing mewakili sebagian dominan angka tersebut.

Sumber : republika.co.id




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *