Timnas Garuda Siap Tampil All Out

Timnas-Garuda-Siap-Tampil-All-Out-(1)

Timnas Garuda Siap Tampil All Out

PALEMBANG | KS-Mengawali pertandingan cabang olahraga (Cabor) sepakbola Islamic Solidarity Games (ISG) III 2013 menghadapi timnas Maroko di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang, Kamis (19/9) malam ini, pukul 20.45 WIB (live RCTI), Indonesia U-23 akan mencoba tampil all out.

Meski secara khusus mengenai peta kekuatan tim lawan sama sekali tidak diketahui benar, sang pelatih, Rahmad Darmawan, mengaku sama sekali tak gentar menghadapi Maroko. Sekalipun lawan yang dihadapi tergolong tangguh.

“Peta kekuatan Maroko sejujurnya tidak saya ketahui persis. Yang saya tahu mereka tim yang berada di ranking 74 FIFA. Jauh di atas Indonesia yang di posisi 170,” kata Rahmad Darmawan.

Sampai pertandingan kedua tim akan dihelat, baik Indonesia maupun Maroko mengaku sama-sama tidak mengetahui peta kekuatan lawan. Dengan teknik pemain yang tak diragukan lagi, maka hanya mental pemain yang akan diadu, harus bermain maksimal untuk memenangkan pertandingan, tanpa tahu tipikal permainan lawan.

Pelatih yang akrab disapa RD ini mengungkapkan, sejauh ini belum mengetahui titik lemah ataupun kekuatan dua rivalnya dalam grup A, Maroko dan Palestina. Baginya, keduanya memiliki ranking lebih baik dibandingkan tim asuhannya.

“Kami memang belum mengetahui betul kekuatan Maroko ataupun Palestina. Secara peringkat, ranking  Maroko di FIFA lebih bagus dari tim kita,” ungkapnya.

Meski demikian, mantan pelatih SFC ini tetap mengintruksikan anak asuhnya agar tampil dengan penuh semangat dihadapan publik sendiri. Meski disadarinya tim tamu lebih baik. “ISG ini jadi tempat belajar buat kita untuk persiapan SEA Games. Tapi saya tetap tekankan kepada anak-anak agar bermain maksimal untuk memenangkan setiap  pertandingan,” ujarnya.

Dijadikan sebagai momen pembelajaran menjelang SEA Games, jelas tim yang dibawa ini belum dikatakan sebagai tim terbaik yang dipastikan menjadi skuad inti SEA Games. Karena dari 23 pemain yang dibawa tidak seluruhnya pemain inti.

Dikarenakan  beberapa pemain lainnya  masih punya kewajiban terhadap klubnya masing-masing menyelesaikan kompetisi. “Meski ini ajang pembelajaran jelang SEA Games, tapi kita tetap berusaha maksimal,” tandas RD.

Di kubu Maroko, Pelatih timnas Maroko,  Mr Hasan mengatakan, mengahadapi tim tuan rumah Indonesia, yang pastinya akan mendapat dukungan langsung dari para suporter, dipastikan sedikit mempengaruhi psikogis anak asuhnya.

Akan tetapi, dengan kemampuan pemain mudanya yang baru saja menjadi runner up turnamen di  level Eropa,  dia tidak terlalu khawatir dan meyakini besutannya akan menunjukkan performa terbaik.

Menjadi runner up di  turnamen francphone games 2013 di Prancis. Maroko optimis bisa memberikan perlawanan berarti bagi tuan rumah. “Kami ingin menang, meski kami tidak tahu kekuatan timnas Indonesia,” tukasnya.

TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *