Habiskan Dana Rp34 M Untuk Penerangan Jalan

lampu-jalan

Ilst. Palembang Night | Foto : Fikri

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (pemkot) Palembang melalui Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Palembang, membutuhkan dana mencapai Rp34 miliar guna penerangan jalan di Kota Palembang.

Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Jalan dan Sarana Umum, Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Kota Palembang, M Arbain mengatakan, pihaknya telah mengajukan dana tersebut di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2013 dan diusulkan juga pada APBD Induk 2014 mendatang.

“APBD Perubahan memang ada. Namun, tergantung pada dananya. Dan APBD Induk 2014 sudah akan di ajukan, mudah-mudahan di setujui dewan,” kata Arbain yang dibincangi, Rabu (18/9) di ruang kerjanya.

Menurut Arbain, dana yang harus dikeluarkan Rp34 miliar tersebut, berdasarkan estimasi harga kebutuhan lampu tahun 2013. Dana itu tersebut jelasnya, merupakan total keseluruhan untuk kebutuhan Kota Palembang. “Kita tidak tahu berapa besar dana, yang akan di keluarkan.  Karena sudah ada pembagiannya untuk anggaran tersebut,”akunya.

Lebih jauh Arbain menjelaskan, Kota Palembang setiap tahunnya semakin berkembang, dengan banyaknya pembangunan, otomatis keperluan lampu akan semakin besar pula. “Seperti pembangunan rumah, pastilah permohonan untuk kebutuhan lampu akan bertambah terus. Namun, untuk pembangunan rumah baru kita instruksikan kepada pihak developer untuk memberikan fasilitas lampu. Namun untuk perumahan lama, yang sepuluh tahun keatas penerangan jalannya menjadi kewajiban pemerintah,”ucapnya.

Menurut Arbain, saat ini pihaknya harus melakukan perawatan lampu sekitar 24 ribu titik lampu di Kota Palembang. “Untuk pemeliharaan lampu 24 ribu tersebut, kami telah membuat 4 tim, yang di bagi shif siang dan malam untuk melakukan pemantauan,”tukasnya.

Sebelumnya, Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang mengucurkan dana Rp35 miliar untuk penerangan umum dan lampu hias di metropolis guna mendukung terang dan gemerlapnya suasana malam hari di kota empek-empek ini menjalang pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG).

“Dari pemprov kita mendapatkan bantuan Rp15 miliar, kemudian ditambah lagi Rp8 miliar. Sedangkan dari APBD Kota Palembang, sudah dianggarkan Rp8 miliar dan ditambah Rp4 miliar,” jelas Wali Kota Palembang, Romi Herton beberapa waktu lalu.

Sedangkan Kepala DPJPP Kota Palembang, Alex Ferdinandus menyebut, besarnya dana yang di kucurkan untuk penerangan jalan di kota empek-empek ini dikarenakan pembenahan di bidang taman kota, median, pulau-pulau, bahu jalan dilakukan penataan, penyulaman di jalan protokol.

“Ada penambahan baru sekitar 26 titik tersebar di Kota Palembang. Mulai dari Bandara Internasional SMB II Palembang hingga Jakabaring, Jl Demang Lebar Daun, Jl Angkatan 45, Jl POM IX, Jl Jenderal Sudirman, Jl Merdeka. Selain itu bantuan Pemprov untuk penggantian lampu jalan dengan LED ada 1.300 lebih titik. Kita berkeinginan menjadikan Palembang, sebagai tuan rumah yang baik, cantik, indah, nyaman, terang benderang pada malam hari,” saat ISG,” tukasya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *