Perpustakaan Sumber Belajar di Sekolah

perpustakaan

Ilst Perpustakaan | Net

PALEMBANG | KS-Perpustakaan adalah salah satu sumber belajar yang ada di sekolah. Sebagai sumber belajar, banyak siswa yang memanfaatnya untuk tempat belajar, membaca dan lain sebagainya. Demikian pula perpustakaan MIN  I Teladan Palembang, Rabu (4/9), para siswa sangat antusias mencari buku bahkan banyak di antara mereka yang meminjam buku.

Salah satu pengunjung Perpustakaan, yakni para siswa MIN I Teladan Palembang mengaku senang dengan adanya perpustakaan yang ada dimadrasahnya. Mereka dapat memanfaatkannya sebagai tempat belajar, membaca buku, meminjam dan layanan lain yang ada di sana.

“Kadang materi yang ada di buku belum lengkap, dengan adanya perpustakaan ini sangat membantu kami untuk mencari materi lainnya.” Ujarnya.

Siswa lain menambahkan, dengan banyak membaca buku maka pengetahuan akan bertambah. Apalagi, perpustakaan MIN I Teladan tidak hanya menyediakan satu jenis buku saja melainkan ada banyak jenis buku yang tersedia di sana. Seperti buku dongeng, cerita, sejarah Islam dan masih banyak buku menarik lainnya.

“Sambil menunggu waktu masuk sekolah, kami hampir setiap hari kesini untuk sekedar membaca. Seperti membaca buku cerita, kisah-kisah Nabi dan lainnya.” ucap beberapa siswa kelas 3 dan 4.

Kepala Sekolah Madrasah Ibtidayah Negeri 1 Teladan Palembang, Feri Agus Wijaya SAg mengatakan bahwa layanan perpustakaan MIN I Teladan Palembang selain dibuka untuk siswa juga berguna bagi seluruh guru dan pegawai di sana. “Siswa ataupun guru dan pegawai boleh menikmati layanan yang ada di perpustakaan tersebut, manfaatkan perpustakaan ini sebagai sumber belajar.” ujarnya.

Namun untuk dapat meminjam buku, lanjut Feri, siswa ataupun guru harus menjadi anggota perpustakaan terlebih dahulu yakni membuat kartu anggota. Setelah mereka mendaftar dan mendapatkan kartu anggota, maka mereka bisa menggunakan layanan pinjam buku. “Ya aturannya memang seperti itu supaya pengelolaan buku di perpustakaan ini lebih tertib.” Jelasnya.

Para pengunjung yang sudah memegang kartu anggota bebas meminjam buku yang ada di sana. Namun demikian, mereka harus tetap memperhatikan tata tertib peminjaman yang berlaku. Sebelum meminjam, pengunjung dapat melihat koleksi buku yang dapat di akses melalui aplikasi otomasi yang saat ini digunakan perpustakaan MIN I Teladan Palembang.

Febi, salah satu pegawai MIN I Teladan Palembang menambahkan aplikasi otomasi ini bekerja secara offline. Namun demikain, aplikasi tersebut memiliki fasilitas perpustakaan yang lengkap termasuk fasilitas pembuatan kartu anggota. “Saat ini, penginputan, pencatatan, penglebelan dan semua tugas pustakawan dapat di lakukan melalui apliaksi ini.” Tambahnya.

Oleh karena itu, Febi berharap bukan hanya pengelolaannya yang baik namun sebagai pustakawan ia juga berharap perpustakaan benar-benar menjadi sumber belajar yang banyak memberikan manfaat pengetahuan bagi siswa ataupun guru khususnya di lingkungan MIN I Teladan Palembang.

“Saya berharap kedepannya koleksi buku yang ada di perpustakaan MIN I Teladan Palembang bertambah sehingga menambah koleksi buku yang sudah ada saat ini. “ ujarnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *