Sediakan Lantai Khusus untuk PKL

pasar-16-ilir

Pasar 16 Ilir

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (pemkot) Palembang, berencana akan merevitalisasi sejumlah pasar tradisional di metropolis diantaranya Pasar 16 Ilir. Nantinya dalam setiap pasar yang di revitalisasi itu, bakal disediakan satu lantai khusus untuk menampung pedagang kaki lima (PKL).

Sehingga PKL menurut  Kepala Dinas Tata Kota Palembang, Isnaini Madani, PKL bisa dengan leluasa untuk  tetap mencari nafkah tanpa harus tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan.

“Lantai khusus untuk PKL, nantinya akan tersedia di seluruh pasar. Rencana tersebut akan segera kami paparkan berkaitan dengan rencana revitalisasi Pasar 16 Ilir, yang akan diubah menjadi minimal 20 lantai. Ini memang komitmen wali kota untuk menyediakan satu lantai khusus bagi PKL. Tidak hanya di Pasar 16, tapi juga di KM 5, Cinde dan pasar tradisional lainnya,”kata Isnaini dibincangi di Balai Kota, Selasa (3/9).

Tempat bagi PKL ini menurutnya, sangat representatif. Namun secara detail berapa banyak PKL yang akan ditampung dalam lantai tersebut, ia belum bisa memastikan. “Disini kami hanya memfasilitasi saja, karena data valid jumlah PKL belum diterima,” ucapnya.

Ia menerangkan dalam revitalisasi Pasar 16 Ilir nantinya,  akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti hotel berbintang dan restoran, serta pusat perbelanjaan yang modern. Untuk restoran sendiri, Isnaini menjelaskan, rencananya akan didesain menggunakan kaca disekeliling restoran. Hal ini untuk memberikan kesempatan pada pengunjung, agar dapat menikmati pemandangan Kota Palembang. “Selain itu juga akan terdapat hotel berbintang yang berada di lantai atasnya,”akunya.

Ditanya soal permasalahan parkir di kawasan Pasar 16 Ilir, Isnaini menyebutkan, parkir di kawasan tersebut juga menjadi perhatian. Oleh karena itu lahan parkir juga akan disediakan, untuk menampung seluruh kendaraan. “Bahkan kapasitas yang akan disediakan nanti jàuh lebihi banyak dari yang ada saat ini,”bebernya.

Dalam revitalisasi Pasar Ilir itu sambung,  pemkot akan tetap memprioritaskan para pedagang lama. Lalu kapan revitalisasi itu, akan dimulai ?, Isnaini belum bisa memastikan. Menurutnya, saat ini masih dilakuan studi kalayakan sehingga belum diketahui berapa besaran anggarannya.  “Kami akan segera paparkan revitalisasi ini, dalam berapa hari. Selanjutnya akan minta petunjuk wali kota,”tukasnya.

Sebelumnya Wali Kota Palembang, Romi Herton menyebut, akan melakukan penataan di sejumlah pasar tradisional di Palembang seperti Pasar 16 Ilir dan Pasar Cinde. Penataan itu dilakukan, agar masyarakat dan pedagang akan semakin nyaman dalam melakukan aktivitas jual beli.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com