Pemkot Bentuk UPM, Warga Bisa Sampaikan Keluhan

layanan

Ilst Layanan Umum | net

PALEMBANG, KS -Pemerintah Kota (pemkot) Palembang, akan membentuk unit pengaduan masyarakat (UPM). UPM ini menurut Asisten I Bidang Pemkot Palembang, Shinta Raharja bertujuan untuk untuk menampung semua pengaduan masyarakat baik itu keluhan maupun saran terhadap pemkot.

”Fungsinya ialah menjadi tempat khusus semua pengaduan yang masuk, baik langsung ke pemkot maupun melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dengan demikian, nanti dapat kita tindak lanjuti pengaduan tersebut,” kata Sinta yang dibincangi usai memimpin rapat pembentukan UPM, Senin (26/8).

Menurutnya, pembentukan UMP ini tidak hanya di Kota Palembang saja tetapi juga serentak dilakuan di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.  Pembentukan UPM ini sebutnya, adalah intruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Instruksi inilah, yang ditindaklanjuti pemkot dengan membentuk UPM.  Wali kota juga menganggap, pembentukan UPM ini penting untuk mengetahui secara langsung aspirasi dari warga kota,” ujarnya.

Untuk sistem kerjanya sendiri, jelas dia, pemkot terlebih dahulu akan menetukan penempatan UPM tersebut apakah nanti langsung di bawah Inspektorat atau bagian hukum pemkot.

“Setelah itu, baru kita bisa menjawab keluhan masyarakat dan memberikan solusi atas apa yang menjadi kendala masyarakat, melalui sistem on line maupun melalui media cetak, elektronik. Selain itu, kita akan menyediakan nomer telpon untuk beriteraksi langsung dengan petugas kita,” urainya.

Shinta menuturkan, selama ini memang pemkot selalu menerima keluhan masyarakat, hanya saja kali ini wadahnya lebih terpusat. Masalah yang dikeluhkan masyarakat kota metropolis ini pun beraneka macam, mulai dari masalah jalan, tanah, pelayanan publik samapai dengan permasalahan sampah dipemukiman. “Semua dapat kita tampung, untuk nantinya diambil tindakan pemecahan masalah tersebut,” tegasnya.

Lebih jauh dia mengatakan, saat ini pembentukan UPM masih dalam tahap awal. Sebab masih banyak kajian yang perlu ditelaah sehingga fungsinya nanti nanti dapat benar-benar menyentuh langsung ke pokok permasalahan yang dibutuhkan masyarakat.

”Dengan demikian masyarakat, bisa secara leluasa menyampaikan aspirasi, pendapat dan pengaduan bahkan mendapatkan informasi dan kejelasan tentang berbagai kebijakan pemkot kedepan,” tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com