Pemkot Usulkan Musi IV dan V

sdijstpo

Ilst Jembatan MUSI II Palembang. | Dok KS

PALEMBANG, KS-Saat ini hanya ada dua jembatan yang menghubungkan kawasan Seberang Ulu dan Seberang Ilir di Kota Palembang, yakni Jembatan Ampera dan Jembatan Musi II.

Sementara Jembatan Musi III, sampai saat ini belum juga terealisasi. Padahal beban kedua jembatan itu, kian krodit. Karenanya Pemerintah Kota (pemkot) Palembang, berencana membangun Jembatan Musi IV dan Musi V.

Rencana ini disampaikan Wali Kota Palembang, H Romi Herton, Selasa (13/8).  Ia menyebut, kedua jembatan itu mendesak dibangun untuk mengurangi kemacetan di Palembang.

“Saat ini, sejumlah titik jalan di Palembang sudah macet. Karenanya arus kendaraan harus dipecah, sebab itu mendesak dibangun Jembatan Musi IV dan V,” kata Romi.

Ia memprakirakan untuk membangun kedua jembatan itu, sedikitnya dibutuhkan dana Rp1,2 trilyun. Asumsinya, ada jembatan yang akan menghabiskan dana Rp400 miliar dan satu jembatan lainnya menelan biaya Rp800 miliar. “Kita akan berkoordinasi dulu, dengan Menteri Pekerjaan Umum (PU). Setelah itu, baru ada kepastian rencana membangun kedua jembatan ini,” ungkap Romi.

Romi menyebut, pemkot serius membangun Jembatan Musi IV dan Musi V itu. Berkas untuk kelengkapan rencana membangun kedua jembatan ini menurutnya, sudah disiapkan. Ia berharap rencana itu mendapatkan respon positif, dari pemerintah pusat. “Doakan saja, semoga ini berhasil,”ujarnya.

Dimanakah kedua jembatan ini, akan dibangun ?, Romi mengungkapkan, kemungkinan jembatan itu akan dibangun tak jauh dari Jembatan Ampera, tepatnya di Kelurahan 32 Ilir dan menyambung ke Kertapati.

Walau pun lokasinya tak jauh dari Jembatan Ampera, namun tegas Romi, itu bukanlah duplikasi Jembatan Ampera. “Ini harus kita pertegas lagi, jembatan ini bukan duplikasi Jembatan Ampera.  Jembatan ini, rencananya dibangun tidak terlalu tinggi, karena hanya sebagai alat penyeberangan sehingga biayanya tidak tidak terlalu besar,” tukasnya.

Sebagai informasi, Kementrian PU bakal membangun Jembatan Musi III di kawasan Pulau Kemaro yang menghubungkan Plaju. Namun pembangunan jembatan itu tertunda lagi, karena ada desain ulang.

Sedangkan duplikasi Jembatan Ampera, diusulkan dibangun oleh Komisi IV DPRD Sumsel. Duplikasi ini, untuk mengurangi beban Jembatan Ampera namun tidak disetujui Kementrian PU sehingga kemungkinan besar pembangunannya akan dibiayai dari dana APBD Sumsel.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *