Dinkes Siapkan 7 Posko Kesehatan

pos-kesehatan

Ilst. Posko Kesehatan

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (pemkot) Palembang, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai H-7 hingga H+7 Idul Fitri 1443 Hijriah akan mensiagakan sebanyak 7 titik posko kesehatan.

Kepala Dinkes Kota Palembang, Anton Suwindro mengatakan,  dinkes sudah melakukan koordinasi dengan tim terpadu untuk menempatkan tenaga medis di pos-pos kesehatan itu.

“Kami sudah berkoordinasi dengan tim terpadu, terkait petugas medis dan dokter yang akan diterjunkan di posko terpadu tersebut,”ungkap Anton saat di temui di ruang kerjanya, Selasa (30/7).

Menurut Anton, untuk petugas yang akan di terjunkan nantinya, akan ditugaskan secara mobail atau bergantian sesuai dengan titik krusial yang paling ramai dilintasi oleh pemudik.

Di titik itulah kata Anton, yang akan dibangun posko kesehatan. Ke titik itu yakni Alang-Alang Lebar (ALL), Pelabuhan Boom Baru, Pelabuhan 35 Ilir,  depan hutan wisata Punti Kay, Bandara SMB II, Palembang Square (PS) dan Stasiun Kereta Api Kertapati.

Untuk posko di terminal jelas Anton, dinkes bekerjasana dengan dinas pehubungan (dishub) untuk mengecek kesehatan terutama tes kadar alkohol kepada sopir bus.

“Nantinya para sopir, akan kita lakukan pengecekan untuk mengetahui dalam keadaan sehat atau tidak. Karena jika sopir tidak sehat, maka akan berbahaya bagi penumpangnya,”ucapnya.

Sementara, untuk puskesmas,  pelayanannya diliburkan mulai tanggal 5 sampai 10. Sehingga pasien rawat jalan, langsung ke rumah sakit untuk rawat inap bisa menyusul rujukan setelah masuk kerja puskesmas. “Rumah Sakit tidak pernah libur, kalo puskesmas masih libur.  Namun yang pastinya, rumah sakit stand by 24 jam,”tukasnya.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *