Tugu Perjuangan Pali Dibongkar

PALI | KS-Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sudah menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Pemerintah Kabupaten PALI sendiri sudah mulai ancang-ancang menggelar peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI untuk kali pertama sebagai DOB.

Namun ada satu hal yang sangat menyedihkan bagi masyarakat PALI, dimana keberadaan Tugu Pertahanan sebagai simbol perjuangan para pejuang terdahulu yang berlokasi di tepian jalan Balimbing-Pendopo di Talang Kelapa KM 10 Kelurahan Handayani Mulia, kini sudah rata dengan tanah.

“Semestinya sebagai generasi penerus bangsa dan pengisi kemerdekaan harus ingat jasa-jasa pejuang terdahulu. Itu tugu sejarah perjuangan PALI. Jangan dihancurkan begitu saja,” sesal Kapten Broto, Danramil Pendopo

Menurut Kapten Broto, tugu pertahanan tersebut dirobohkan sekitar dua minggu lalu. Ini karena pemilik tanah hendak menjual tanahnya.

“Seharusnya dikoordinasikan dengan kita. Jangan asal hancurkan begitu,” kata Broto.

Senada diungkapkan Pelda Ngatimin. Menurut anggota TNI yang juga bertugas di Koramil Pendopo, Talang Ubi, bahwa keberadaan tugu tersebut sudah lama disana.

“Ketika saya masuk sini tahun 1997 silam, tugu itu sudah ada. Bahkan sejak itu, tugu tersebut terus kami rawat. Tugu itu mengingatkan kita pada sejarah dan bukti perjuangan bangsa di daerah ini,” sesalnya.

Keduanya berharap, agar pemerintah daerah merespon dan dapat segera kembali mendirikan tugu tersebut seperti semula. “Kita harap pemerintah dapat mendirikannya lagi, dan lokasinya tetap disitu. Kalaupun pemiliknya hendak menjual lahan tersebut, Pemkab PALI sesegera mungkin memberikan perhatiannya. Karena tugu tersebut menjadi bukti bahwa PALI bisa berdiri menjadi Kabupaten,” harap keduanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM merespon apa yang menjadi kesedihan rakyat PALI ini.

“Saya, Pak Camat dan Pak Ngatimin sudah menghadap Bupati dan sudah melaporkannya. Pada dasarnya Bupati sangat mendukung untuk itu,” ujarnya.

Teks : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *