BI Alokasikan 4 Triliun Untuk Penukaran Uang

duit

Ilst.

PALEMBANG | KS-Bank Indonesia (BI)  Wilayah VII Palembang menyiapkan uang pecahan kecil dengan nilai Rp3 miliar per hari untuk memenuhi permintaan masyarakat yang akan menukarkan uangnya menjelang Idul Fitri 1431 Hijriah.

Dadan M Sadrah, asisten direktur Bank Indonesia wilayah VII Palembang, mengatakan, jumlah uang yang disediakan itu cukup memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang lebaran. “Untuk selama ramadhan ini Bank Indonesia memberikan alokasi sebanyak 4 triliun untuk daerah sumsel babel perbulannya atau selama bulan ramadhan ini,” jelasnya.

“Masyarakat tidak perlu khawatir soal uang tukar. Kami menyediakan pecahan Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp2.000 maupun Rp1.000 yang mencukupi,” kata Dadan M Sadrah kemarin (12/7).

Ia mengatakan, untuk tahun ini BI wilayah VII Palembang tidak membatasi nilai nominal uang yang akan ditukarkan. Masyarakat bisa menukar uang sesuai yang diinginkan.

Memang, kata dia, pada tahun lalu BI wilayah VII Palembang sempat membatasi uang yang ditukar, khususnya pecahan Rp2.000. Hal itu dilakukan karena pecahan kertas Rp2.000 baru dikeluarkan dan jumlahnya masih terbatas.

Namun, Untuk tahun ini BI tidak membatasi jumlah yang ingin ditukar. Kebijakan ini sesuai instruksi Gubernur BI Darmin Nasution agar jajarannya melayani permintaan penukaran uang kertas pecahan baru menjelang lebaran.

Ia menambahkan ada kenaikan penukaran uang kertas baru sejak dua hari terakhir. Kendati penukarannya naik, namun jumlahnya jauh dari nilai yang tersedia.

” Lanjutnya, baru hari pertama buka saja sebanyak Rp 3,2 miliar penukaran uang pecahan telah lepas,” katanya.

Selain itu, BI wilayah VII Palembang juga bekerjasama dengan perbankan dalam melayani penukaran uang kertas baru menjelang lebaran. Pelayanan tukar uang baru itu hanya ditujukan kepada nasabah bank yang bersangkutan.

“Kami berharap dengan kerja sama ini masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan tempat penukaran uang kertas baru. Tidak hanya di BI, tetapi bisa juga ditukar di bank lainnya, sedangkan untuk jam operasional,Bank Indonesia melayani penukaran selama lima hari kerja yakni senin hingga kamis mulai dari pukul 08.00 wib hingga pukul 11.30 wib, “ tutupnya

Teks : Jadid Ulil Albab

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *