Awasi Siswa Gunakan Handphone

hpPALEMBANG | KS-Sudah saatnya pihak sekolah mengawasi para siswanya dalam penggunaan handphone. Tujuannya, demi memerbaiki kualitas pendidikan siswa.

Untuk penggunaan komunikasi antar pelajar diminta pengawas sekolah harus teliti. Hal itu disampaikan Reza Pahlevi, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kepada Harian Umum Kabar Sumatera, Selasa (9/7) di ruang kerjanya.

“Bila tak ada pengawasan yang ekstra dari pihak guru, maka dapat menimbulkan berbagai dampak negatif terhadap anak didik itu sendiri,” kata Reza Pahlevi.

Reza membeberkan, bahwa hasil penelitian menunjukkan kekerasan seksual banyak ditemukan bermula dari penggunaan alat komunikasi seperti handphone. Karena itu, ini menjadi sebuah catatan bagi pihak sekolah agar lebih memerhatikan siswanya. Terutama para guru, kepala sekolah, dan dis ekolah agar lebih melakukan pendekatan terhadap anak didik.

“Sekolah harus mengambil langkah-langkah saat penggunaan hanphone. Misalnya, hanphone yang memiliki memori atau dapat menyimpan video wajib di off kan saat proses belajar mengajar,” terang Reza.

Dinas Pendidikan, lanjut Reza, menghimbau agar dapat selalu memberikan bimbingan atau sosialisasi terhadap siswa. Jangan sampai ada siswa yang melakukan sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Berkait dengan pelajar yang mengalami tindakkan asusila atau pemerkosaan supaya tetap bersekolah. Dengan harapan guru membimbing mereka dan terus memberikan motivasi.

“Ya, motivasi terhadap siswa yang pernah mengalami pelecehan seksual itu sangat penting terutama bagi orang tua dan guru pembimbing. Tujuannya jelas  agar cita-citanya bisa terwujud. Dan, masyarakat diharapkan menerima siapapun siswa yang jadi korbannya,” ungkapnya.

TEKS:AMINUDDIN.EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *