Opening dan Clossing Digelar di JSC

igm,

PALEMBANG KS – Sumatera Selatan (Sumsel), kembali dipercaya menjadi tuan rumah event olahraga internasional. Kali ini Sumsel ditunjuk menjadi tuan rumah  Islamic Solidarity Games (ISG) 2013.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, Selasa (2/7) membenarkan itu. Menurutnya, ajang tersebut akan digelar pada September mendatang.  Awalnya kata Alex,  ajang olahraga yang diikuti oleh negara-negara Islam itu bakal digelar di Riau dan Jakarta. Namun, akhirnya Kementrian Pemuda dan Olahraga  (Kemenpora) menunjuk Sumsel.

“Sumsel ditunjuk sebagai venue utama, opening (pembukaan) dan clossing (penutupan) akan digelar di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang. Sudah 23 negara memastikan, akan ambil bagian dalam ISG tersebut,” kata Alex.

Penunjukkan Sumsel tersebut menurutnya, dikarenakan Sumsel sudah memiliki fasilitas olahraga berstandar internasional dalam satu kompleks. Waktu penyelenggaraan yang mepet yakni hanya tiga bulan sebut Alex, tidak akan mempengaruhi kesiapan Sumsel sebagai tuan rumah.

Alex juga mengatakan untuk kolam renang yang terpisah antara atlet laki-laki dan perempuan, Sumsel juga sudah punya dan tidak perlu bangun yang baru. “Kita punya dua kolam renang berstandar internasional, satu di Jakabaring dan satunya di Kampus. Dan provinsi yang punya kolam renang hanya Sumsel, Jakarta pun belum punya kolam renang yang terpisah,” tegas dia.

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono menilai, keputusan penunjukan Sumsel sebagai tuan rumah ISG III, merupakan keputusan yang tepat.

Sumsel bersama dengan Jakarta sebutnya,  pernah menjadi tuan rumah SEA Games, 2011 lalu. “Artinya secara teknis, Sumsel siap menyelenggarakannya,” kata Agung  setelah rapat koordinasi antara Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra), Kemenpora, panitia pusat (INAISGOC), perwakilan KONI, dan KOI di Kantor Kemenkokesra, kemarin.

Penunjukkan Sumsel sambung Agung, juga adalah keinginan pemerintah pusat untuk memberikan kesempatan kepada daerah untuk melaksanakan event internasional.

Sebagai informasi, ISG 2013 rencananya akan diikuti 25 negara yang akan berlangsung pada 22 September sampai 1 Oktober mendatang. Namun baru 23 negara, yang sudah memberikan konfirmasi akan berpartisipasi. Dalam ISG 2013 ini,  ada13 cabang olah raga (cabor) yang dipertandingkan.

 

Teks   : Dicky Wahyudi

Editor : Imron Supriyadi

 

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *