Formulir C6 dari KPU Kabupaten Lambat Datang

caption-foto-formulir-c6PALI | KS-Hari pemungutan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel 2013, tinggal menghitung hari. Fasilitas dan sarana pendukung dalam kelancaran pelaksanaannya mulai diterima bertahap pihak penyelenggara dalam hal ini Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Minggu siang (2/6), PPK-PPK di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sudah menerima logistik Pilgub berupa surat suara.

Namun demikian model (form) C6 yang merupakan undangan agar pemilih datang ke TPS tak juga datang. Padahal waktu pelaksaanaan tinggal sudah H-3. Inilah yang membuat galau para petugas PPK, termasuk PPS.

“Kami belum menerima Formulir C6 dari KPU Kabupaten. Kita khawatir nanti dak sampai kepada pemilih, mengingat waktu yang sempit,” ungkap Pidin C Oteh, anggota PPK Kecamatan Tanah Abang kemarin (3/6).

Menurut informasi terakhir darinya, tatkala menghubungi KPU kemarin itu, bahwa (form C6) masih di Merak. “Kalau masih di Merak, berarti kemungkinan H-2 datang ke kita. Nah, itu sudah sangat mepet. Dari PPK nanti akan dibagikan ke PPS, kemudian dibagikan kepada orang perorang/ warga masyarakat yang memiliki Hak Pilih. Itu dak terkejar lagi, belum lagi mereka nanti mau merakit kotak suara,” ungkapnya.

Menurut Pidin, formulir C6 ini termasuk kunci undangan kepada pemilih. Jadi semestinya ujar dia, formulir C6 dulu yang datang. Apalagi waktu pelaksanaan pencoblosan sudah sangat mepet. Dikhawatirkan warga tidak dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub Sumsel, 6 Juni nanti.

“Diundang kadang dak datang, apolagi dak diundang. Pada H-1 nak buat bilik dan lain-lain. Belum lagi kagek kalu C6 datang, itu nak dibagikan pule. Ribet jadinyo. Dak tahu teknisnya kagek,” tambah Pidin, yang juga mantan wartawan.

Senada disampaikan Ketua PPK Talang Ubi, melalui salah satu anggotanya, M Taufiq.  Ia mengatakan, bahwa pihaknya sudah menerima logistik Pilgub berupa surat suara. Tinggal lagi model C 6 yang belum datang.

Menurut Taufiq, untuk distribusi logistik Pilgub dari PPK ke masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS), katanya, dijadwalkan pada tanggal 4 – 5 Juni 2013. Selanjutnya, kata dia, masing-masing PPS akan mendistribusikannya ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), karena pemungutan suara dilaksanakan pada 6 Juni 2013.

Kebutuhan logistik Pilgub yang didistribusikan, lanjutnya, ada yang dimasukkan ke dalam kotak suara dan ada yang berada di luar kotak suara. Kebutuhan logistik Pilgub yang dimasukkan ke dalam kotak suara, yakni surat suara, model C, model C 1, lampiran model C 1, C 2, C 3 sampai dengan mocel C 10.

“Kecuali model C 6. Itu undangan dan diluar kotak suara,” ujarnya seraya mengatakan, logistik yang dimasukkan ke dalam kotak suara selain disebut diatas, yakni alat coblos dan bantalan, tinta, segel, dan alat tulis.

Sementara, kebutuhan logistik yang tidak masuk ke dalam kotak suara, yakni denah TPS, visi misi pasangan calon (gambar kandidat), surat undangan pemilih (model C 6) dan salinan daftar pemilih.

Lebih lanjut Taufiq menginformasikan, kemarin pihaknya mengadakan bimbingan teknis (bimtek) bagi PPS dan KPPS di gedung Serba Guna Talang Ubi. “Pagi khusus luar daerah (desa-desa), dan siangnya sekitar pukul 14.00 wib untuk yang dalam kota/ Kelurahan. Pesertanya masing-masing 2 PPS dan 3 KPPS,” beber Taufiq.

Sementara itu Ketua KPUD Muara Enim Isa Ansori SE mengakui kalau saat ini pihaknya belum mendistribusikan form C-6. “Memang belum kita distribusikan mas, soalnya kita belum menerimanya dari KPUD Propinsia” ujar Isa yang dihubungi via telepon.

Namun demikian, Isa masih optimis jajarannya dari KPPS, PPS dan PPK mampu melaksanakan pembagian form C-6 tersebut. “Insya Allah bisa dilaksanakan. Ini tugas penting, kawan-kawan di kecamatan dan desa pasti mampu” pungkas Isa.

 

Teks / Foto : Indra Setia Haris

Editor            :Mustaqiem Eska

author

Author: