Memanfaatkan Sampah Plastik Menjadi Dunia Usaha

Sampah-Plastik

Pengolahan Sampah Plastik .Foto : INT

KAYUAGUNG KS – Semua tahu, jika sampah merupakan sebuah kotoran yang wajib dibakar atau dibuang. Namun, berbeda dengan Usman yang memanfaatkan sampah plastik menjadi dunia usaha.

Usman, yang kesehariannya bertugas sebagai pengurus lokasi pembuangan sampah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kemarin mengatakan, dengan menggunakan mesin pencacah plastik, mampu mengelolah sampah plastik menjadi biji plastik yang nantinya diolah lagi menjadi bahan baku plastik. Dengan catatan sebelum pengelolahan tersebut dibersihkan terlebih dahulu.

“Alhamdulillah  dengan memanfaatkannya sampah, menjadi dunia usaha baru bagi saya dan dapat menunjang prekonomian saya,” ujarnya.

Ia mengaku sampah plastik saat ini merupakan berkah tersendiri baginya karena dapat membantu prekonomian hidup. Bukan hanya itu saja, sampah plastik merupakan barang yang mudah di dapat.

“Jadi dengan mudah kita mendapatkannya, bayangkan saja berapa banyak supermarket, mini marekat bahkan ditempat tinggal kita sampah selalu menjadi musuh utama dan jika tidak dikelolah matang akan menimbulkan penyakit,” tuturnya.

Ia mengaku kedepan akan berusaha lebih keras lagi agar dapat menjadikan apa yang sulit bagi orang lain untuk menjadi peluang usaha. “Saat ini kecepatan dan pemikiran yang tajam dalam mengelolah pikiran harus cepat dan berani, saya yakin jika semuanya berpikir positf seperti saya, bangsa ini akan maju dan kita tidak harus menggantungkan kehidupan kita pada orang lain,” ucapnya.

Dirinya berharap masyarakat OKI khususnya dapat melihat peluang sekelilingnya yang kadang sering diremehkan. “Kita boleh spekulasi asalkan sudah dipikirkan dampak dan manfaatnya, jika memang itu bagus kenapa kita tidak mencobanya,” pungkasnya.

 

Teks : Emil Hidayat

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *