Marak ‘Bali’, Satlantas Akan Pasang Garis Kejut

Kasatlanta-AKP-Agung-Adhitya

Kasatlanta AKP Agung Adhitya. / Foto : Jumra/KS

Lahat KS – Maraknya aksi balap liar di Kabupaten Lahat yang dilakukan para pemuda disetiap malam minggu yang terjadi di seputaran Kelurahan Talang Jawa dan Lembayung meresahkan masyarakat.

Untuk itu, Satlantas Polres Lahat akan memasang garis kejut guna mengantisipasi balap liar.

Kasat Lantas Polres Lahat AKP Agung Aditya P,S.Ik mengatakan, pihaknya selama ini sudah melakukan razia rutin. Akan tetapi masih saja terjadi balap liar, padahal motor yang terjaring razia sudah ditahan selama dua bulan.

“Kita akan terus berupaya untuk mencegah balap liar ini, salah satunya akan memasang garis kejut di 12 titik yaitu di Talang Jawa ada 8 titik dan untuk di Lembayung sendiri akan dibangun 4 titik. Semoga saja dengan dipasangnya garis kejut ini sedikit demi sedikit mengurangi aksi balap liar yang sejauh ini meresahkan masyarakat sekitar maupun Kabupaten lahat sendiri,” kata agung.

Dilanjutkannya, surat izin untuk pemasangan garis kejut telah disampaikan ke Bupati Lahat, kini tinggal keputusannya. Apabila diizinkan maka pihaknya akan segera measang garis kejut tersebut sesuai dengan prosedur dan tempat yang telah direncanakan.

“Sementara ini semuanya telah kita urus termasuk surat kepada bupati telah kita berikan. Kini kita tinggal menunggu keputusannya, mungkin dengan cara begini bali atau balap liar akan berkurang, dengan berkurangnya balap liar berkurang,” bebernya.

Terpisah, warga Talang  Jawa, Romlah mengatakan dirinya sangat takut melintas di jalan Talang Jawa yang sebelumnya merupakan jalan lintas sumatera lantara banyak para remaja yang melakukan balap liar.

“Setiap malam apa lagi malam minggu ketika saya pulang dari jualan, seringkali saya tersenggol dengan orang yang melakukan balap liar, dengan akan dibangunnya atau dipasangnya line kejut ini para pelaku bali dapat berkurang atau tidak ada smaa sekali,” katanya kepada KS.

Sementara itu, Bupati Lahat melalui Kabag Humas Dan Protokol Setda Lahat Fauzan,S.Stp,MM mengatakan, pembuatan garis kejut diharapkan dapat mengurangi balap liar dan menjadikan masyarakat sadar akan bahaya balap liar.

“Ya kita sangat mendukung semua apa yang akan dijalankan oleh Polantas, jika semuanya menyangkut dengan keselamatan masyarakat yang melintas di area talang jawa tersebut,” tukas fauzan.

 

Teks     : Jumra Zefri

Editor : Junaedi Abdillah

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *