Dinkes Awasi Pasar Beduk

Pasar-Beduk

Pasar Beduk. Foto : INT

BANYUASIN KS – Untuk mengetahui kesehatan makanan yang dijual pedagang pasar beduk, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuasin, bakal melakukan pemeriksaan terhadap pedagang pasar beduk disejumlah lokasi di Kabupaten Banyuasin.

“Ya, akan ada pemeriksaan kesehatan makanan di pasar beduk dan sejumlah penjual makanan di kalangan atau pasar di Kabupaten Banyuasin. Kita akan menggandeng Diskoperindag Banyuasin untuk melakukan sidak tersebut,” kata Kepala Dinkes Banyuasin, dr Ayuhana Awam, kemarin.

Sidak tersebut, sambung Ayuhana, akan diintensifkan di awal bulan puasa, mengingat kondisi tersebut diramaikan pedagang yang menjual beranekaragam makanan siap saji yang diburu penggemar kuliner di Banyuasin.

“Selama ada pasar beduk, akan kita lakukan pemeriksaan, yang paling intensif itu di awal bulan, karena yang jual makanan itu banyak, dari yang masih dalam bentuk makanan mentah, seperti cincau, dawet, kurma, hingga lauk makanan yang sudah siap saji,” katanya.

Dikatakan Ayuhana, pasar beduk menjadi salah satu tempat yang harus diperiksa kualitas kesehatan makanan, karena banyak masyarakat yang dipadati kesibukan sehari-hari memilih makanan cepat saji untuk lauk makan saat berbuka puasa.

“Harus dilihat kualitasnya, apakah makanannya bebas dari pengawet, zat warna, dan lainnya. Karena, banyak makanan seperti es buah, dawet, cincau, hingga lauk makan yang tidak habis dijual, dan dijual lagi keesokan harinya,” tambah Ayuhana.

Tentunya, jika ditemukan makanan yang tidak layak dikonsumsi, tim gabungan yang melakukan sidak, tentu akan melakukan pengamanan makanan yang dijual pedagang, dan untuk si pedang, akan diberikan peringatan.

“Kita inginnya, semua makanan yang dikonsumsi di pasar beduk itu bebas pengawet dan zat warna, hingga masyarakat aman dan sehat mengkonsumsinya,” tegas Ayuhana.

Sementara, Kepala Diskoperindag Banyuasin, Hj Anna Suzanna mengaku siap untuk melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional dan pasar beduk untuk memastikan kesehatan makanan yang dijual pedagang.

“Tiap tahun kita adakan sidak dan pemeriksaan, biasanya banyak ditemukan makanan yang tidak layak jual, produk yang sudah kadaluarsa juga kerap kali ditemukan di minimarket,” pungkasnya.

 

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *