Distribusi Air Bersih Kembali Terganggu

pipa-pdam

Pipa PDAM. Foto : INT

PALEMBANG KS – Distribusi air bersih ke rumah pelanggan Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAM) Tirta Musi, kembali akan terganggu. Hal ini disebabkan perusahaan itu, melakuan pencucian pipa air baku di instalasi pengelolaan air (IPA) Rambutan dan 3 Ilir.

Karenanya menurut Direktur Teknik PDAM Tirta Musi, Stephanus, PDAM terpaksa menghentikan aliran air bersih ke rumah pelanggan di tiga titik unit pelayanan.

“Unit pelayanan yang terganggu antara lain, IPA Rambutan meliputi Jalan Jendral Sudirman, Cek Syeh, Merdeka, KH Ahmad Dahlan, Kapten A. Rivai, Radial, Letkol Iskandar, Letnan Jaimas, Letnan Mukmin, Kirangga Wirasantika, Kartini, P. AK Abdulrrohim, Ratna, Sel Tawar, Ki Gede Ing Suro, dan Manunggal,”jelas Stephanus ketika dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (28/6/2013).

Selain unit pelayanan Rambutan, pelanggan di wilayah unit pelayanan 3 Ilir dan unit pelayanan Sako Kenten juga terganggu.  “Pencucian pipa air baku ini, akan kami mulai Rabu (3/7) mendatang mulai pukul 20.00 WIB sampai Kamis (4/7), pukul 06.00 WIB. Mudah-mudahan dalam pengerjaan tidak mendapatkan kendala,” bebernya seraya menghimbau pelanggan di wilayah tiga unit pelayanan itu dihimbaunya, untuk dapat menampung air sebelum dilakukan pengerjaan tersebut.

Dalam kesempatan itu Stephanus juga menjelaskan, pencucian jalur pipa tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas air agar lebih jernih lagi, Terlebih lagi, sebentar lagi akan memasuki bulan suci ramadhan.

“Saat ini sudah memasuki bulan pancaroba, yakni perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau. Ditambah lagi akan masuk bulan puasa, biasanya kebutuhan air cukup banyak, karenanya kita lakukan pencucian, yang dilakukan setiap empat tahun sekali,”ucapnya.

Menurut Stephanus, pencucian IPA tersebut sangat penting. Karena menurutnya kualitas air jernih atau tidaknya tergantung dari IPA nya. Kalau IPA nya banyak kotoran atau berkarat, otomatis kualitas air akan kurang baik.

Teks   : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *