Harga Ayam Potong Melonjak Tinggi

 

 

 

ayam-fotong

Foto : INT

MUARA ENIM KS – Harga ayam potong atau ayam putih di Pasar Kota Muaraenim dan sekitarnya mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Sebelumnya harga ayam potong hanya Rp27 ribu per ekor, kini harganya mencapai kisaran Rp35 ribu per ekor.

“Sekitar satu minggu ini, hargo ayam potong melonjak tinggi, dikarnokan pasokannya ke pasar Tanjung enim agak berkurang dibandingkan hari-hari sebelumnyo ,” tutur Rahmat (35), salah seorang pedagang ayam potong kepada Kabar Sumatera, Jumat  (28/6) kemarin.

Kenaikan harga ayam potong, kata dia, juga dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan akan ayam potong karena banyaknya warga yang menggelar hajatan berupa ruwahan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, sedangkan pasokan terbatas. Kenaikan ini, juga bisa dipengaruhi oleh naiknya harga bahan bakar minyak (BBM).

Sebagian besar ayam potong yang dijualnya telah dipesan oleh pemilik rumah makan dan warung nasi, sehingga stok ayam terbatas.

“Wajar bae, hargo ayam potong sekarang ini selangit. Pacak bae hargonyo naik lagi, dikarnokan sekarang ini, permintaan ayam potong tinggi, tapi stok ayamnyo tebatas. Apalagi bulan Ramadhan gek, permintaan ayam semakin tinggi,” ungkap Rahmat.

Neni (45), salah seorang pemilik warung makan di Kota Tanjung Enim mengatakan, daging ayam potong merupakan salah satu menu spesial yang disajikan di warungnya. Dalam sehari, dirinya membeli sekitar 5-10 ekor ayam potong untuk disajikan kepada para pelanggan warungnya.

Dengan naiknya harga ayam potong ini, jelas memberatkan dan merugikan dirinya selaku pedagang warung, karena dirinya tidak mungkin menaikan harga nasi ayam kepada para pelanggannya dalam waktu dekat ini. Para pelanggannya pasti mengeluh, jika dirinya menaikan harga nasi ayam secara tiba-tiba.

“Kalo kami naikan hargo nasi ayam pasti pelanggan ngeluh, jadi tepakso kami betahan dengan hargo yang lamo itulah. Mudah-mudahan bae, naiknyo hargo ayam ini dak lamo,” harap Neni.

 

Teks : Siswanto

Editor: Sarono P Sasmito

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *