“TRIO PBR DAPAT HADIRKAN PETAKA”

rotinsulu

Ferry Rotinsulu

PALEMBANG | KS-Saat timnya menghadapi Pelita Bandung Raya (PBR) di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (29/6), pelatih Sriwijaya FC (SFC), Kas Hartadi menyebut setidaknya ada tiga pemain yang patut diwaspadai anak asuhnya. Adalah trio lini serang tim lawan, Gaston Castano, Marwan Sayedeh dan Sekou Camara.

“Tiga pemain ini saya kira bakal memberi tekanan sengit pada lini belakang kita. Dan ini wajib kita waspadai,” kata Kas Hartadi.

Kas menjelaskan jika ucapannya tersebut bukanlah tanpa alasan. Kendati dari hasil yang dicapai PBR tidak terlalu bagus karena hingga saat ini masih berkutit di zona play off degradasi kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012/2013, namun dari segi kontribusi terhadap tim, tiga pemain ini sangatlah besar.

Sebagai rincian, hingga saat ini ketiga pemain tersebut sudah menyumbangkan total 18 gol, atau lebih dari 50 persen total gol yang dihasilkan PBR musim ini yang berjumlah 32 gol dari 27 laga.

Memang, jumlah tersebut terbilang tidaklah superior. Jika dibandingkan koleksi gol penyerang lain, jumlah tersebut masih kalah dibandingkan gol yang dihasilkan penyerang Persipura Jayapura, Boaz Sollossa dengan 22 biji. Juga dengan koleksi yang telah dihasilkan Sergio van Dijk yang mampu menyamai torehan ketiganya.

Meski demikian, mengenai hal tersebut Kas mempunyai pandangan berbeda. Menurut arsitek asal Solo, walaupun gol yang diciptakan ketiga pemain itu tidaklah banyak, namun perlu diingat jika ketiganya baru berkombinasi pada putaran kedua kompetisi.

Satu-satunya pemain yang telah bergabung sejak awal hanyalah Gaston Castano yang kini mengoleksi sepuluh gol dari 24 penampilan. Sementara dua nama lainnya baru mengenakan seragam biru PBR pada putaran kedua kompetisi.

Dimana dalam durasi singkat, Marwan Sayedeh sudah mampu menjaringkan tujuh gol dari sepuluh penampilannya. Sedangkan bagi Camara yang dianggap belum terlalu nyetel karena baru menghasilkan sebiji gol dari delapan penampilannya, namun dengan fakta pada putaran pertama lalu pemain asal Mali mampu menjaringkan sepuluh gol menjadi bukti jika dirinya patut diwaspadai.

“Kombinasi ketiga pemain ini dalam mengobrak-abrik pertahanan lawan sangatlah berbahaya. Marwan punya daya jelajah, begitu juga Gaston yang pandai pada penempatan diri. Sedangkan Camara merupakan penyelesai yang ulung,” beber Kas.

Untuk itu, agar ketiga pemain ini tidak memberikan petakanya terhadap timnya, Kas bakal menyiapkan pengawal terhadap ketiganya. Kendati tidak bakal diperankan secara khusus pada satu pemain, namun gerakan ketiga bomber tidak boleh dilepas dalam pengawalan.

Duet jantung pertahanan, Lee Dong-Won – Abdul Rahman bakal diperintahkan agar dapat fokus berada didepan penjaga gawang. Demikian juga terhadap pemain yang berperan sebagai fullback.

Fandy Mochtar di sisi kanan dan Mahyadi di sisi kiri, diperintahkan agar tidak terlalu sering melakukan overlaping membantu serangan. Keduanya hanya diizinkan jika situasi pas. Ketika pemain lawan lengah dan tim harus melakukan serangan cepat dibangun dari barisan bekalang.

“Kita akan bermain disiplin. Biar bagaimanapun PBR dapat memberikan dampak buruk terhadap lawatan kita kali ini. Dan itu tidak ingin kita harapkan, mengingat ambisi kita yang tidak ingin tergeser di papan atas klasemen,” tukas pelatih yang pada musim lalu sukses mengantarkan SFC meraih titel juara kompetisi ISL tersebut.
TEKS: SADAM MAULANA.EDITOR:RINALDI SYAHRIL.FOTO:BAGUS KS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *