Lubuk Linggau Ambisi Gelar Porprov X

Walikota-Lubuk-Linggau-bersama-dengan-wakil-ketua-II-KONI-Sumsel-Aidit-Aziz-saat-pembukaan-Porkot-di-stadion-sepak-bola-Linggau

Walikota Lubuk Linggau Bersama Wakil Ketua II KONI Sumsel Aidit Aziz Saat Pembukaan PORKOT di stadion bola Lubuk Linggau | Foto : Dok KS

LUBUK LINGGAU | KS-Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuk Linggau nampak memiliki ambisi besar untuk menjadi tuan rumah penyelenggara pekan olahraga provinsi (Porprov) X jelang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) di Bangka Belitung tahun 2015 mendatang.

Guna mewujudkan hal itu, bahkan pemkot Lubuk Linggau tengah serius membangun sejumlah sarana dan fasilitas olahraga agar dapat bersaing dengan daerah lain di Sumatera Selatan (Sumsel).

Demikian yang diungkapkan Walikota Lubuk Linggau, SN Prana Putra Sohe saat menerima kunjungan tim survey dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel yang terdiri dari Wakil Ketua Umum II,  H. Aidit Aziz, Wakil Sekretaris Umum II, H. Mulyadin Rohan, Ketua Bidang Organisasi, H. Ishak Hasan serta Wakil Ketua III Biro Humas, Darmansa, Selasa (25/6) kemarin, di ruang kerja Walikota Lubuk Linggau.

“Kita berharap porprov bisa digelar di kota Lubuk Linggau. Saat ini kita sudah mulai persiapkan semua fasilitas yang dibutuhkan. Bahkan, untuk mensukseskan pesta olahraga se-Sumsel ini, kita laksanakan pembangunan sarana olahraga di satu kawasan yakni sport center,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, jika memang diputuskan Lubuk Linggau menjadi tuan rumah Porprov, hal itu tentu akan menjadi pemicu perkembangan pembangunan serta pembinaan olahraga di Lubuk Linggau. Bahkan, tidak hanyak sarana olahraga, pihaknya juga tengah mempersiapkan sarana pendukung lainnya sekaligus menyongsong Visit Linggau 2015.

Saat ini setidaknya Linggau sudah memiliki sport center yang terdiri dari beberapa venue olahraga. Seperti, stadion sepakbola, gedung olahraga beladiri, dan tahun ini juga kita sudah mulai membangun kolam renang, arena panjat tebing serta lapangan tembak.

“Kita pastikan, jelang pelaksanaan porprov nanti seluruh venue sudah bisa digunakan untuk cabang olahraga yang wajib yakni atletik, bola basket, bulu tangkis, sepak takraw, pencak silat, catur, renang dan bola voli,” jelasnya.

Mengenai cabang olahraga tambahan yakni panjat tebing, taekwondo, sepakbola, karate, biliyard, tinju, bridge, tenis lapangan, tenis meja serta menembak, juga mulai dipersiapkan sesuai dengan standar yang ditentukan.

“Saat ini kami juga tengah melaksanakan Pekan olahraga kota (Porkot) IV sebagai ajang pembinaan atlet serta persiapan jika ditunjuk menjadi tuan rumah poprov mendatang. Selain itu juga untuk sarana akomodasi dan transportasi kami juga dapat memenuhinya, karena wilayah Linggau dapat dijangkau dengan sarana bus, travel, kereta api serta pesawat terbang. Bahkan untuk sarana akomodasi, Linggau sudah memiliki sejumlah hotel-hotel berbintang dan puluhan penginapan melati,” bebernya.

Sementara, Wakil Ketua II KONI Sumsel H Aidit Aziz menanggapi antusias atas upaya serta keseriusan pihak pemerintah kota Lubuk Linggau. Namun, menurut Aidit hal itu tentu akan diputuskan pada saat rapat koordinasi (Rakor) KONI Sumsel dengan KONI Kabupaten/Kota dan Pengprov Cabor yang rencananya dilaksanakan di Kota :Lubuk Linggau usai hari raya Idul Fitri tahun ini.

“Kita akan segera sampaikan kepada ketua umum KONI Sumsel mengenai rencana pelaksanaan rakor di Linggau tahun ini. Jadi, untuk tuan rumah Porprov tentu akan diputuskan nanti pada saat rakor dengan melibatkan seluruh pengurus KONI kabupaten /kota serta pengprov cabor,”ujar Aidit.

Dijelaskan Aidit, selain kota Lubuk Linggau, tentu masih ada daerah lain yang mengininkan menjadi tuan rumah porprov, namun hal itu tentunya juga melalui survey yang dilakukan oleh pihak KONI Sumsel terhadap sarana dan fasilitas olahraga yang dimiliki oleh daerah tersebut.

“Jika melihat apa yang sedang dilakukan dan dipersiapkan oleh pihak pemkot Lubuk Linggau saat ini, kami optimis jika nantinya Porprov dapat dilaksanakan di Linggau. Sementara, untuk waktu pelaksanaan Porprov yakni menjelang Porwil Batam tahun 2015, bisa saja tahun 2014 Porprov digelar jika memang daerah yang ditunjuk sudah siap. Tentunya, kita hanya berharap bahwa pelaksanaan Porprov itu akan menjadi tolak ukur kemajuan pembangunan serta pembinaan olahraga di setiap daerah,”harapnya.
TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL

FOTO: HUMAS KONI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *