Pembangunan Kantor Terpadu Sudah 90 Persen

HL-Andalas

Plt PUCK OI, Asmiran (berkacamata) saat meninjau pembangunan perkantoran terpadu Pemkab OI | Foto : Dok KS

INDRALAYA|KS-Pembangunan Perkantoran terpadu Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir di Desa Tanjung Senai Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir digenjot. Hal ini dilakukan mengingat rencana perpindahan kantor Pemkab lama ke perkantoran Pemkab baru, akhir tahun 2014 dan paling cepat akhir tahun ini.

Pantauan Kabar Sumatera dilapangan, Selasa (25/6) kemarin, sebagian besar perkantoran sudah selesai dibangun, mulai dari kantor Bupati Ogan Ilir, beberapa kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Seketariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan lain sebaginya.

Sedangkan pembangunan lain yang sudah 90 persen pengerjaannya seperti ruang rapat paripurna dewan, masjid termegah di Bumi Caram seguguk, bahkan rumah dinas Bupati dan wakil bupati bisa dikatakan sudah rampung.

Sementara itu, pembangunan yang baru dilakukan adalah ruang fraksi, ruang komisi anggota dewan, bak penampungan air bersih, infratruktur jalan, pagar, pelataran perkantoran, dan gedung sarana dan prasarana Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang ditargetkan akhir tahun ini sudah rampung.

“Untuk bulan Agustus nanti sepertinya belum bisa kita pindah. Pastinya akhir tahun ini semua pembangunan bisa dikatakan sudah rampung, dan dapat dipastikan tahun depan 2014 sudah bisa ditunggu. Paling tidak Ulang Tahun Pemkab Ogan Ilir ke-sepuluh sudah bisa dilakukan dipemkab baru,” ujar Plt Kepala Dinas PU CK, Asmiran yang ditemui saat meninjau langsung pembangunan Pemkab Ogan Ilir, Selasa kemarin.

Menurutnya, ruang paripurna yang rencananya akan diguanakan dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Ogan Ilir tahun depan, untuk pengerjaannya sudah berjalan 90 persen. “Ya, target kita, untuk ruang rapat paripurna bisa selesai bulan Juni nanti,” ungkapnya.

Untuk ruang fraksi dan komisi, serta anggota dewan yang berjumlah 40 ruangan, sudah ditargetkan bulan Desember rampung. “Paling tidak pengerjaannya kita harap bisa segera rampung. Sebelum bulan Desemberlah sudah selesai. Karena memang, seperti yang sudah disampaikan pak Bupati, tahun 2014 perkantoran terpadu dan kantor dewan sudah ditempati,” imbuhnya.

Untuk bagian infratruktur menuju perkantoran dan lingkungan perkantoran, sambungnya, saat ini sudah mulai ditabur batu-batu. Selanjutnya tinggal dicor atau diaspal.

Kepala Dinas PUBM Ogan Ilir, H Muhsin Abdullah mengatakan, untuk masalah jalan menuju perkantoran baru sudah menjadi prioritas untuk diselesaikan sehingga jika sewaktu-waktu mendadak pindah, jalan sudah bisa difungsikan.

Kendatipun demikian, sambungnya, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan sebelum kepindahan kantor Pemkab baru yakni kelengkapan mobile maupun aliran listrik dan air bersih.

“Khusus untuk gedung perkantoran baru sudah siap difungsikan Tinggal melengkapi peralatan kantor saja,” ujarnya.

Menurut Muksin, pada prinsipnya pembangunan perkantoran baru seperti kantor bupati, rumah dinas bupati, sekretariat, ruangan ketua dan wakil ketua DPRD dan ruang paripurna sudah selesai dikerjakan.

Bahkan ditahun ini, masih kata Muhsin, telah merampungkan pembangunan sarana penunjang lainnya, meliputi pembangunan kantor dinas, pembangunan ruangan fraksi dan komisi DPRD Ogan Ilir.

“Sekarang ini pembangunan dilanjutkan dengan penyediaan sarana dan prasarana penunjang lainnya, termasuk pemasangan atau instalasi listrik maupun PDAM air bersih. Kalau rencana kepindahan kantor dilakukan akhir tahun ini, kami siap-siap saja. Tinggal menunggu kelengkapan alat kantor saja,” tukasnya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Sarono P Sasmito




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *