Panti Rehabilitasi Narkoba Bakal Dibangun di Keramasan

narkobaaaPALEMBANG, KS-Dalam waktu dekat, Sumatera Selatan (Sumsel) akan memiliki panti rehabilitasi bagi penderita narkoba. Panti tersebut menurut Ketua Komisi V DPRD Sumsel, MF Ridho, bakal dibangun di kawasan Keramasan, Kertapati, Palembang.

“Disana, pemerintah provinsi (pemprov) sudah menyediakan lahan seluas 7 hektar. Badan Narkotika Nasional (BNN), sudah menyetujui untuk membangun panti rehabilitas itu, disana,” jelas Ridho ketika dibincangi, Selasa (25/6).

Dana pembangunannya kata Ridho, diharapkan berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Politisi Partai Demokrat ini berharap, keberadaan panti ini bisa menekan jumlah pengguna narkoba di Sumsel. “Saat ini, secara indeks pengguna narkoba di Sumsel sekitar 1,6 persen dari jumlah penduduk. Sumsel,” ucapnya.

Selama ini  sambung Ridho, Sumsel kesulitan menerapkan Undang-Undang (UU) tentang Narkoba. Dimana dalam UU itu, pelaku narkoba yang diamankan harus ditempatkan lebih dahulu ke panti rehabilitasi sambil menunggu penyidikan apakah ia sebagai pengguna atau pengedar.

Jika sebagai pemakai, maka dititipkan di panti rehabilitasi. Namun itu tidak bisa diterapkan, sebab Sumsel selama ini belum memiliki panti itu. “Sehingga baik pemakai atau pengedar, langsung di jebloskan ke penjara,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, sebelumnya BNN telah membangun panti rehabilitasi narkoba di Riau yang menghabiskan dana Rp50 miliar. “Namun untuk membangun panti rehabilitasi narkoba di Sumsel, BNN mengaku tidak punya anggaran. Mereka menyarankan kepada kita, untuk mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mendanai pembangunan panti rehabilitasi narkoba di Sumsel tersebut,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *