Membangun Seni dan Budaya Lewat Pentas

PALEMBANG | KS-Sebanyak 500 mahasiswa program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PGRI) mengikuti “ Gebyar Seni Teater Mahasiswa Indonesia 2013”, yang berlangsung di gedung Guru Sumatera Selatan PGRI Palembang, Selasa (25/6).

Ahmad Nurrudin selaku Ketua Pelaksana kegiatan mengatakan, dengan adanya pentas seni ini, mahasiswa PGRI Palembang diharapkan dapat mengekpresikan dunia seni baik di masyarakat maupun dunia pendidikan. Drama sendiri merupakan salah satu kegiatan yang dapat diaflikasikan dalam bentuk lakon dan cerita yang dipentaskan di atas panggung.

“ Dengan adanya pentas seni seperti ini dapat menjadikan pengalaman selama belajar di kelas maupun di lapangan,” ujarnya.

Adapun salah satu drama yang ditampilkan, yakni anak-anak kelaparan karya Ratna Sarumpaet yang mengisahkan, kekecewaan seorang anak terhadap ibunya.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Drs. H. Mukman Liyan, M. Ms.I mengatakan, dengan adanya pentas seperti ini diharapkan mahasiswa PGRI bukan hanya bisa menampilkan di kelas saja, namun dirinya berharap agar dapat terjun langsung dalam pembuatan film, seni pentas maupun menjadi artis.

“ Dirinya sendiri berharap kedepanya Universitas PGRI dapat menampilkan orang-orang dan pendidik dalam berkreasi dalam memajukan dunia seni, baik yang ada di  Sumatera Selatan maupun Daerah lainnya,” tukasnya.

Tambahnya, seiring dengan kemajuan zaman, drama sudah menjadi media komunikasi dan sarana edukatif yang berperan aktif dalam perubahan karakter kehidupan masyarakat.

“ Dengan adanya kegiatan ini, dirinya berharap agar seluruh mahasiswa selalu mencintai seni sastra maupun teater. Dan selalu mempererat tali silaturahmi antara praktisi dan akademis seni sastra serta memberikan hiburan bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat,” ucapnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *