Makin Sulit Kejar Persipura

Dzumafo-(1)

Dzumafo

PALEMBANG | KS-Kekalahan pemuncak klasemen sementara kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012/2013, Persipura Jayapura dari Barito Putra 0-1, Selasa (25/6) kemarin, ditanggapi dengan dingin oleh pelatih Sriwijaya FC (SFC), Kas Hartadi.

Kendati secara kepentingan kekalahan pertama yang dialami klub berjuluk Mutiara Hitam dalam kancah ISL itu memiliki dampak terhadap timnya untuk menipiskan selisih angka, namun pelatih asal Solo tak lantas sumrigah dan menyebut skuadnya bakal dengan mudah menggeser Boaz Sollossa dari Singgasana klasemen.

“Kekalahan Persipura jelas kabar gembira bagi kita. Namun kita harus tetap sadar, untuk menggeser setidaknya kita mesti berharap Persipura kembali kalah di tiga laga. Sementara kita mesti menyapu bersih sembilan laga tersisa. Ini jelas berat mengingat mereka masih menyisakan tujuh laga,” kata Kas Hartadi.

Mengacu pada sisa pertandingan, perkataan Kas memang ada benarnya. SFC yang kini nangkring di posisi runner up dengan koleksi 51 poin dari 25 laga, kini terpaut jauh dibandingan Persipura yang telah mengumpulkan 64 poin. Atau berselisih 13 poin.

Walaupun laga yang tersisa SFC lebih unggul dua laga lebih banyak, namun dengan fakta mengharuskan Persipura kala di tiga laga dari tujuh yang tersisa jelas bukanlah perkara mudah. Apalagi dari laga tersisa, empat partai di antaranya bakal dimainkan di kandangnya sendiri.

Sementara untuk SFC yang menyisakan sembilan laga akan memainkan lima di antaranya di kandang lawan. Walaupun lawan yang bakal dihadapi tergolong mudah, namun tetap SFC bakal kesulitan mengingat lawan-lawan yang dihadapi sedang pada performa menanjak.

Seperti layaknya Persija Jakarta, Barito Putra maupun Persiba Balikpapan yang mampu menahan imbang SFC pada putaran pertama lalu. Sedangkan Pelita Bandung Raya (PBR) yang menjadi lawan terdekat pada Sabtu (29/6) mendatang, diprediksi bakal memberi perlawanan sengit.

Terdampar di papan bawah klasemen, tentunya Eka Ramdani Cs yang mentas di kandang tidak akan sudi dengan mudahnya sang juara bertahan pulang dengan tidak menyisakan poin bagi tuan rumah. “Jadi semuanya itu berat. Kita tidak bisa meremehkan semua tim yang ada,” terang Kas.

Untuk itu, target baru yang diharapkan dapat finish di posisi runner up tetap tidak bakal direvisi ulang lagi. Terkecuali Persipura kembali menuai hasil negatif. Sedangkan timnya terus menanjak. Terus menuai kemenangan disaat Persipura kalah.

“Jadi untuk saat ini kita tidak menganggap kekalahan Persipura sebagai sebuah keuntungan mutlak. Karena mereka masih berada di jalur yang tepat,” tukasnya.

TEKS: SADAM MAULANA.EDITOR:RINALDI SYAHRIL.FOTO:BAGUS KS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *