Tarif Naik Rp500-Rp 1000

foto-lepas

Ilst Angkutan Kota

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (pemkot) Palembang melalui Dinas Perhubungan Kota Palembang, akhirnya menyepakati kenaikan tarif angkutan umum di Kota Palembang sebesar 25-27 persen.

Kenaikan tarif angkutan umum tersebut menurut Kepala Bidang (Kabid), Transportasi Jalan dan Rel, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Agus Supriyanto, disepakati dalam rapat bersama antaraDishub, organisasi angkutan darat (organda), dan mahasiswa.

“Kita menyepakati tarif angkutan umum naik antara Rp500-Rp1000, atau 25 persen sampai 27 persen,” jelas Agus yang dibincangi usai rapat membahas kenaikan tarif angkutan umum di Dishub Palembang, Senin (24/6).

Kesepakatan itu sebut Agus, segera diserahkan ke Wali Kota Palembang untuk ditandatangani menjadi peraturan wali kota (perwali). Setelah perwali ditandatangani, barulah tarif baru ini akan diberlakukan.

Sebagai bentuk sosialisasi, nantinya tarif baru yang diatur dalam perwali tersebut akan ditempel di semua angkutan umum agar masyarakat mengetahui besaran kenaikan tarif angkutan umum.

Bagaimana dengan para sopir angkutan umum, yang sudah menaikkan tarif secara sepihak ?, Agus menyebut, sopir angkutan umum dilarang melakukan itu. Mereka tegas Agus, harus menarik tarif sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan. “Jika ada angkutan umum yang menarik tarif diluar ketentuan ini, tolong laporkan ke kita. Kita akan pantau penerapan tarif ini,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Organda Kota Palembang Sunir Hadi, mengatakan kesepakatan tarif baru untuk angkutan umum di Palembang ini akan disampaikan ke semua anggota organda. “Kesepakatan ini, akan diserahkan dishub ke wali kota. Setelah disahkan, baru akan kita edarkan ke semua anggota kita,” jelasnya.

Dengan adanya kesepakatan ini maka kata Sunir, tarif angkutan umum naik antara Rp500 sampai Rp1000 tergantung jauh dan dekatnya jarak yang ditempuh penumpang.

Teks    : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi

 

Tabel Tarif Baru Angkutan Umum

Angkutan Kota (angkot)

1.   Ampera-Perumnas Rp3.500

2.   Pasar Kuto-Kenten Laut Rp3.500

3.   Ampera-Karya Jaya Rp3.500

Bus Kota

1.   Ampera-Karya Jaya Rp3.500

2.   Plaju-KM 12, Perumnas, Pusri  Rp4000

3.   Karya Jaya-KM 12, Perumnas, Pusri Rp5000

Tarif Khusus Pelajar/Mahasiswa

1.   Pelajar Rp1.500

2.   Mahasiswa  Rp2000

3.   Jarak Jauh Rp3.500




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *