BLSM Bisa Dicairkan di Kelurahan

merdeka

merdeka.com

PALEMBANG, KS-Penerima bantuan langsung sementara Masyarakat (BLSM), mulai Selasa (25/6), tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor pos untuk mencairkan dana kompensasi kenaikan bahan bakar minyak (BBM) subsidi tersebut.

Sebab menurut Kepala Kantor Pos Palembang, Dino Ariyadi, pencairan dana BLSM ini bisa dilakukan di kantor kelurahan yang telah ditunjuk asalkan persyaratan lengkap.
Untuk besok (Selasa) menurut Dino, pengambilan BLSM dilakukan untuk Kecamatan Ilir Barat (IB) I dan Gandus. Penerimanya sebut dia, sebanyak 6.147 rumah tangga sasaran (RTS).

“Untuk yang sudah memiliki persyaratan, silakan diambil di kantor kelurahan. Sementara yang mengambil di kantor pos, hanya yang belum sempat mengambil pada jadwal yang ditentukan,” kata Dino saat di hubungi, Minggu (23/6).

Dino menyebut, pihaknya akan memasang jadwal pengambilan BLSM di masing-masing kantor kelurahan. Hal ini, untuk mengantisipasi jika ada warga yang tidak tahu. Karena seperti pada hari pertama pencairan, banyak warga yang datang bukan dari kelurahan yang dijadwalkan.

Namun secara umum klaimnya, pencairan pada hari pertama itu cukup lancar dan aman. “Ada sekitar 10 warga yang datang bukan dari Kelurahan Bukit Lama maupun dari kelurahan 26 Ilir. Karena memang bukan jadwal seharusnya, kita tidak dapat melayani pencairan hingga jadwal yang ditentukan,”terangnya.

Dino menghimbau pada warga penerima BLSM, agar tidak usah terburu-buru. Karena bagi yang belum sempat mengambil kompensasi itu, dapat diambil kembali pada ke esokan harinya, tetapi bukan di kantor kelurahan melainkan di Kantor Pos Merdeka.

“Tidak perlu khawatir bagi warga yang belum sempat. Karena pencairan ini masih panjang, akhir Juli baru selesai. Jadi jangan takut, tidak mendapatkan haknya,”ungkapnya.

Sementara itu, pada pencairan dana BLSM hari pertama, Kantor Pos Merdeka mencairkan dana BLSM warga di dua kelurahan yakni Kelurahan Bukit Lama sebanyak 1.273 RTS dan Kelurahan 26 Ilir, sebanya 90 RTS.

Sebagai informasi, BLSM adalah dana kompensasi kenaikan BBM subsidi yang diberikan pemerintah kepada masyarakat miskin. Setiap RTS, menerima dana kompensasi Rp150 ribu perbulannya yang dibayarkan dua bulan sekali. Di Palembang sendiri, ada 72.189 RTS yang menerima dana BLSM tersebut.
Teks : Dicky Wahyudi
Editor : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *