Dampak Kenaikan BBM Konsumen Bakal Lirik Mobil ber CC Rendah

antri-pertamina

Antri BBM Di SPBU

PALEMBANG | KS-Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), yang rencananya akan diberlakukan hari ini (22/6) banyak menimbulkan dampak tak terkecuali perusahaan otomotif terutama mobil yang ber CC besar pasalnya,  Daya beli konsumen terhadap mobil yang ber CC besar diprediksi akan menurun.

Fahrudin marketing executif, PT lintang Benua Authorized dealer Chevrolet Sumbagsel mengatakan dampak yang paling signifikan dari kenaikan BBM  yakni mobil-mobil ber-cc besar akan semakin ditinggalkan oleh pemiliknya, kemungkinan mobil dengan ber CC kecil seperti Spin ini akan terdongkrak pasalnya, mobil yang berkapisatas 1300 CC ini memerlukan bahan yang lebih irit apalagi mobil ini jenis Low MPV,  “orang lebih senang dengan mobil yang bisa digunakan apa saja dengan kapsitas 7 penumpang dan hemat bahan bakar”ungkapnya kemarin (21/6).

“Seperti sebelum-sebelumnya akan banyak pengguna mobil menjual mobilnya yang memiliki cc besar. Begitu juga penjualan mobil baru dengan cc besar akan semakin lesu,” ungkap Fahrudin

hal senada juga diutarakan Andri, Head Sales PT Nusa Sarana Citra Bakti maen diler Suzuki Palembang menurutnya, dampak dari kenaikan BBM ini akan cukup terasa terhadap penjualan mobil ber CC besar sebaliknya, mobil yang ber cc kecil akan semakin diburu konsumen “ Contohnya saja Ertiga sekarang banyak dicari karena hemat bahan bakar”terangnya.

Meski demikian lanjutnya, penjualan mobil cc besar tetap akan di minati, tapi di kalangan tertentu. Terutama konsumen yang berada di kota-kota besar seperti di Palembang. “ Mobil yang ber cc besar juga akan tetap diminati tapi untuk kalangan tertentu,”jelasnya.

Sementara itu, Rahmad ,pemilik Showroom sehat mobilindo mengatakan, dampak ini justru sudah mulai terjadi di pasar mobil bekas. Sudah banyak penjual mobil ber-cc besar menjual mobilnya dan beralih membeli mobil dengan cc kecil. “Beberapa minggu lalu sudah mulai tuh yang menjual mobil cc besar. Kemarin ada yang jual Terrano lalu beralih ke mobil Avanza,” ungkapnya.

 

TEKS      : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *