Bekali Anak Didik Pengetahuan Agama Sejak Dini

alquranPAGARALAM, KS—Ilmu pengetahuan agama sangat berperan penting bagi kehidupan anak didik mesti dimulai sejak usia dini, mengingat kondisi anak didik nantinya dapat tumbuh kembang dengan baik, berkat adanya bekal pengetahuan agama sebagai pondasinya. Oleh karenanya, para tenaga pendidik pada Sekolah Dasar Muhammadiyah III Kota Pagaralam, telah mengajarkan

pengetahuan agama terhadap semua anak. Demikian dikatakan Kepala SD Muhammadiyah III Kota Pagaralam, Erwin SKB, Jumat (21/6) kemarin.

Dikatakannya, kondisi kehidupan anak didik  sangat membutuhkan berbagai bekal ilmu pendidikan, terutama pengetahuan tentang agama sebagai modal dasar dalam menjalani kehidupan yang baik dengan dimulainya  sejak usia dini hingga beranjak dewasa.

Meski begitu, bekal ini merupakan pondasi awal yang telah tertanam pada diri anak masing-masing. Sebab itu setiap anak didik akan dibekali pengetahuan agama melalui proses belajar mengajar setiap harinya.

“Pembekalan pengetahuan agama tersebut terdiri dari macam-macam do’a sehari-hari  seperti do’a kedua orang tua, do’a sebelum dan sesudah makan, do’a sebelum tidur serta macam-macam do’a penting lainnya,” terangnya.

Selain itu, lanjut Erwin, para tenaga pendidik pun mengajarkan anak-anak tentang tata cara menunaikan  ibadah sholat lima waktu maupun sholat sunat berikut pembacaan Iqro’  dan menghapal hadist. Bahkan setiap anak didik diwajibkan menghafal  satu hadits setiap minggu dan mesti dibaca sebelum  masuk kelas. Sejauh ini   siswa/i telah menghafal 23 hadits  termasuk artinya.

“Semua ini kita laksanakan dalam bentuk pengajaran dan pembinaan untuk membekali  seluruh anak didik dengan ilmu pengetahuan agama.  Semoga saja  dalam penerapannya dapat  lebih mudah dimengerti maupun dihafalkan. Selain itu pula anak didik nantinya  akan diberikan suatu pemahaman dalam mencermati prilaku kehidupan sehari-hari, termasuk pula dapat membedahkan mana yang baik dan buruk,” harapnya.

Penulis  : Antoni Stefen

Editor    : Sarono P Sasmito




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *