Mura Optimistis Penuhi Target Seribu Koperasi

MUSI RAWAS, KS-Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan optimis untuk memenuhi target mendirikan seribu unit koperasi pada 2013. Hal itu terlihat hingga pertengahan Juni 2013 sudah tercapai sebanyak 991 unit koperasi yang tersebar di 21 kecamatan, kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Musirawas, Bambang Haryanto di Muarabeliti, Kamis.

Ia mengatakan, Bupati Musirawas Riduan Mukti sejak 2008 hingga 2013 mentargetkan koperasi baru mencapai seribu unit, sedangkan saat itu baru ada sekitar 800-an unit.

Namun berkat kerja keras teman-teman yang dikomandoi Kabid Bina Lembaga Koperasi (BLK) Gusti Rohani, akhirnya target itu hampir tercapai sebelum bulan puasa.

Koperasi di daerah itu seluruhnya melakukan empat kegiatan usaha mengacu pada undang-undang No. 17 tahun 2012 tentang koperasi yaitu bergerak di bidang produksi, konsumen, jasa dan simpan pinjam, ujarnya.

Kabid BLk Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Musirawas Gustin Rohani mengatakan, pencapaian target seribu unit koperasi itu atas kesadaran masyarakat untuk membuat badan usaha kecil dan menengah.

“Kami bersama teman-teman proaktif ke seluruh kecamatan dan desa mengajak masyarakat membentuk koperasi untuk meningkatkan pendapatan mereka ke depan,” ujarnya.

Ia mengatakan, seluruh perkebunan besar dan pertambangan sudah bermitra pada koperasi sekitarnya, sehingga mereka betul-betul memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan melalui koperasi.

Dalam waktu dekat masyarakat penambang emas liar di Kecamatan Ulurawas setempat akan membentuk koperasi, sehingga keberadaan mereka menjadi legal sekaligus memutuskan mata rantai pengusaha luar yang berusaha di daerah itu.

“Kami sudah mengimbau pada dinas terkait yaitu Dinas Energi Sumber Daya Mineral setempat serta camat Ulurawas, supaya mensosialisasikan kepada para penambang untuk membentuk koperasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, kendala kemajuan koperasi di Musirawas saat ini antara lain masih lemahnya manajemen dan sumber daya manusia serta tidak melakukan rapat anggota tahunan secara rutin.
Namun ke depan pihaknya mulai mensosialisasikan kepada seluruh anggota dan secara bertahap meningkatkan sumber daya manusia, terutama para pengurus dan tenaga manajemen.

Ia optimis pencapaian target koperasi baru di Kabupaten Musirawas hingga akhir 2013 melebihi sasaran dan bagi anggota baru tepat nomor seribu akan diberikan bonus khusus yang akan diberikan pada Hari Koperasi 2013.

Pihaknya juga telah mendata dan memisahkan untuk koperasi pada kabupaten baru Musirawas utara (Muratara) yaitu sebanyak 305 unit dan sisanya koperasi pada kabupaten induk Musirawas, tuturnya.

Teks: Junaedi Abdillah

Editor: Sarono P Sasmito




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *