Debu PT SB Hujani Kota Baturaja

kabut-asap

Ilustrasi Asap

BATURAJA, KS-Warga Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Rabu (19/6/2013) sekitar pukul 04.15 wib, mendadak gempar. Pasalnya, daerah itu diterpa hujan debu yang pekat diduga berasal dari PT Semen Baturaja (SB).

Pantauan di lapangan, hujan debu tersebut sangat pekat. Bahkan, mengganggu jarak pandang pengendara yang melintas di dalam wilayah Kota Baturaja.

“Saya sampai lima kali mengelap kaca mata yang kabur terkena hujan debu tersebut. Awalnya saya kira itu embun, tetapi setelah dilihat secara seksama, ternyata yang turun dari langit itu adalah debu yang
diduga berasal dari PT SB,” kata Heri (39), warga Air Karang, Kecamatan Baturaja Timur.

Selain mengganggu jarak pandang, kata Heri, hujan debu tersebut juga membuat mata menjadi perih. “Saya benar-benar tidak menyangka kalau volume debu yang keluar dari cerobong asap PT SB lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa,” katanya.

Sementara Novri (35), warga Sukajadi, Kecamatan Baturaja Timur mengatakan, bukan rahasia umum lagi setiap malam cerobong asap milik PT SB mengeluarkan debu yang sangat tebal antara pukul 18.00-19.00 wib, atau saat tengah malam dan dini hari. “Jika siang cerobong asapnya terlihat normal, tetapi kalau malam asap yang dikeluarkan sangat pekat,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Biro Umum PT SB, Ardi SE saat dikonfirmasi menjelaskan, ada kerusakan mesin di pabrik BUMD tersebut, sehingga menimbulkan volume debu yang dikeluarkan PT SB menjadi lebih banyak dibandingkan saat normal. “Ya benar semalam ada hujan debu, soalnya ada kerusakan mesin di pabrik kita,” katanya.

Kendati demikian, lanjut dia, kerusakan mesin itu sekarang sudah bisa diatasi, sehingga dijamin tidak ada hujan debu lagi ke perkampungan penduduk.

Teks: Junaedi Abdillah

Editor: Sarono P Sasmito




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *