Adu Kreativitas Fotografer Olahraga

Adu-kreativitas-Fotografer

Para Fotografer Olahraga Palembang ( lokasi Stadion GSJ)

PALEMBANG | KS-Ketika menyaksikan pertandingan sepakbola, mungkin sudah lazim melihat adanya beberapa fotografer dari berbagai media yang setia berada di areal gawang kedua kesebelasan. Selalu mengawasi setiap pertandingan dengan posisi kamera siap membidik guna mengabadikan moment.

Tak terkecuali, ketika pertandingan kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012/2013, yang mempertemukan antara Sriwijaya FC (SFC) melawan Arema Cronous di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang, Minggu (23/6) ini.

Dipastikan bakal ada para pewarta foto dari seluruh Media di Sumatera Selatan (Sumsel) yang datang menyaksikan pertandingan dari awal hingga selesai. Tujuannya juga jelas dan memang sebagai fotografer profesional jika sudah menjadi tugasnya, mengabadikan setiap moment penting agar diketahui masyarakat.

Meski demikian, khusus pada pertandingan itu dipastikan bakal lebih banyak lagi fotografer yang berada dibelakang gawang, baik yang profesional maupun amatir. Sebab, pada pertandingan yang bakal berlangsung pada malam hari itu, sengaja diberi kesempatan pada fotografer umum untuk beradu kreasi terhadap fotografer dari berbagai media.

Dalam tajuk ‘Lomba Photography Sriwijaya FC’ yang memperebutkan Trophy + Money Cash persembahan Direktur Teknik SFC, Hendri Zainuddin Cup. Dengan tema ‘All about Action Sriwijaya FC at Stadium Jakabaring’.

Dalam kesempatan ini, Hendri mengatakan jika bebas bagi fotografer dari media manapun guna segera mendaftar tanpa batasan jumlah peserta, mengingat memang sudah menjadi tugas wajib. Namun terhadap kategori umum, dia menghimbau agar segera mendaftarkan diri. Karena jumlah kuota umum dibatasi hanya 50 peserta saja.

“Tujuannya untuk menjaga suasana di pinggir lapangan mengingat pertandingan ini resmi. Jadi dengan segala hormat kami akan membatasinya. Juga terhadap waktu hanya satu babak saja,” kata Hendri Zainuddin.

Sebagai juri, Hendri menjelaskan jika dirinya sendiri yang akan mengambil penilaian terhadap karya para fotografer. Agar bersifat fair, teknis Penilaian dalam lomba ini, panitia akan menandai Hasil foto peserta dengan nomor urut. Dengan demikian, maka tidak akan diketahuidari fotografer mana foto yang dihasilkan.

“Baru setelah dipilih, akan kita lihat fotografer mana yang menghasilkan hasil jepretan terbaik tanpa mengetahui siapa orangnya. Dan hasil foto akan menjadi milik SFC,” jelasnya.

Sebagai hadiah, trofi diberikan bagi pemenang 1, 2 dan 3 plus Money Cash Pemenang 1. Rp.500.000, 2. Rp 300.000, dan 3 Rp 200.000. “Pengumuman pemenang akan dilakukan padaSelasa (25/7) di media-media cetak,” tukasnya.

Sebagai objek, wajib foto yakni satu foto aksi pemain di lapangan dan satu foto bebas. Semisal suasana di dalam stadion, bisa di bench pemain, aksi pelatih, manager, aksi di tribun kehormatan, aksi penonton ataupun aksi para suporter di seluruh tribun stadion.

Dan hasil foto di serahkan ke panitia setelah habis babak satu alias saat jeda istirahat, 2 hasil jepretan tadi langsung di serahkan ke panitia yang akan stand bye di pinggir lapangan dengan laptop untuk menerima hasil photo peserta berupa FILE PHOTO bentuk JPEG, Tidak boleh di edit dan hanya boleh di Croping.
Syarat peserta :

– Kategori Media : Setiap Media boleh mengirimkan max 2 photographer.
– Kategori Umum : Seluruh Photographer baik pemula, amatir maupun profesional.
– Setiap peserta wajib menggunakan kamera DSLR.
– Photografer wakil dari Media tidak boleh lagi mengikuti Kategori Umum.
– Biaya Pendaftaran : Hanya Rp. 25.000,-
– Waktu Pendaftaran : Mulai saat ini hingga Sabtu 22 juni 2013 pukul 12.00 WIB.
– Tempat Pendaftaran : Sekretariat SFC, komp.Palembang Square Blok R130.

Syarat Pendaftaran  :
– Media : poto copy ID Card Pers
– Umum : poto copy KTP + pas poto 4×6 1 lembar.
TEKS: SADAM MAULANA.EDITOR:RINALDI SYAHRIL.FOTO:BAGUS KS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *