Pengganti Harnojoyo Ditangan Demokrat

harnojoyo

Harnojoyo Ssos ( Wakil Walikota Palembang Terpilih ) | Dok KS

PALEMBANG, KS-Pasangan calon wali kota (cawako)-calon wakil wali kota (cawawako) Palembang, Romi Herton-Harnojoyo, dipastikan bakal segera dilantik sebagai wali kota dan wakil wali kota Palembang periode 2013-2018. Sebab surat keputusan (SK) pelantikan keduanya, sudah dikeluarkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Posisi Ketua DPRD Kota Palembang yang akan ditinggalkan Harnojoyo, sepenuhnya diserahkan ke Partai Demokrat. Hal ini diungkapkan oleh Harnojoyo ketika dibincangi, Rabu (19/6) di DPRD Kota Palembang.

“Jika telah resmi dilantik, tentu saya sepenuhnya harus mendampingi Romi Herton dalam memimpin Kota Palembang. Sehingga jabatan saya, sebagai Ketua DPRD Kota Palembang akan dikembalikan ke Partai Demokrat. Partailah yang akan menunjuk siapa pengganti saya,” ungkapnya.

Politisi Partai Demokrat ini yakin, siapa yang akan ditunjuk partai yang membesarkannya itu adalah kader terbaik di partai berlambang bintang mercy tersebut.

Bagaimana dengan namanya, yang masih tercantum dalam daftar calon anggota legislatif sementara (DCS) dari Partai Demokrat ?, Harno mengaku, ia mendaftar sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) sebelum adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memenangkan pasangan cawako-cawawako Palembang nomor urut 2 tersebut.

“Saat ini di DCS nama saya memang masih tercantum, namun di daftar caleg tetap (DCT) nanti dipastikan nama saya sudah dicoret. Untuk mengisi kekosangan tersebut, juga saya serahkan ke partai,” ujarnya.

Sebelumnya Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) Divisi hukum, Chandra Puspa Mirza mengatakan, tidak ada masalah jika di DCS masih ada nama cawawako Palembang terpilih, Harnojoyo.

Tetapi kata Chandra, di DCT nanti nama Harnojoyo tersebut harus dicoret oleh Partai Demokrat. Penggantinya sebut Chandra, ditentukan oleh partai bersangkutan.

“Namun saat peggantian tidak akan ada masa perbaikan lagi, seperti sebelumnya. Jadi kalau datanya lengkap langsung diterima, jika tidak lengkap maka langsung gugur,” tukasnya.

Teks      : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *