Masyarakat OKI Dihimbau Pro Aktif

KAYU AGUNG, KS-Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menghimbau, masyarakat untuk pro aktif memberikan masukan dan tanggapan terhadap rekam jejak bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD OKI periode 2014-2019.

Saat ini menurut Ketua KPU OKI melalui Kepala Sub Bagian (Kasubag) Teknis dan Humas, Dedi Irawan, uji publik terhadap bacaleg yang masuk dalam daftar caleg sementara (DCS) OKI tengah berlangsung.

Uji publik itu menurutnya, bertujuan untuk untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan sekaligus menyaring caleg secara transparan kepada masyarakat. Sehingga kata Dedi, masyarakat OKI bisa tahu betul siapa-siapa calon wakil mereka yang akan duduk di DPRD OKI kedepannya.

“Uji publik akan berakhir sampai 27 Juni mendatang, jika masyarakat ada masukan terhadap rekam jejak bacaleg tersebut misalnya pernah dipidana, berstatus pegawai negeri sipil atau lainnya diharapkan menyampaikannya ke KPU OKI sehingga bisa ditindaklanjuti,” himbaunya.

Ia menyebut, dari masukan masyarakat tersebut nantinya akan di klarifikasi ke partai politik (parpol). Jika laporan masyarakat tersebut benar, maka bacaleg tersebut bisa dicoret dalam DCS sehingga tidak masuk di daftar caleg tetap (DCT).

Sementara itu Ketua DPD Partai Nasdem OKI, H Solahudin Jakfar dibincangi terpisah mengaku yakin, bacaleg yang diajukan Nasdem adalah orang-orang terbaik di Kabupaten OKI.

“Sebelum rekrutmen caleg, kami sudah melakukan konsolidasi terlebih dahulu. Rekrutmen caleg itu juga melalui mekanisme yang ketat, sehingga caleg yang diajukan adalah orang-orang pilihan,” tukasnya.

Teks     : Emil Hidayat

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *