KPU Merasa di Diskreditkan

kpuPALEMBANG, KS -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), menuding salah satu pasangan calon bupati (cabup)-calon wakil bupati (cawabup) Empat Lawang mendiskreditkan KPU dengan mencari-cari kesalahan KPU Empat Lawang.

Tudingan ini disampaikan Ketua KPU Sumsel, Anisatul Mardiah menanggapi diperiksanya Ketua KPU Empat Lawang, Muroimin Zahri oleh Kepolisian Resort (Polres) Lahat, Rabu (19/6). Muroimin diperiksa penyidik Polres Lahat, terkait pengambilan paksa kunci kotak suara di kantor KPU Empat Lawang.

“Cabup tersebut, jangan mencari-cari kesalahan di KPU. Harusnya persoalan itu, cukup disampaikan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Janganlah terlalu negatif dengan kita, masalah ini bisa menjadi preseden buruk. Kalau mereka tidak puas, dengan hasil pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Empat Lawang, jangan cari-cari masalah seperti itu,” kata Anisa dengan nada tinggi, Rabu (19/6).

Anisa menyayangkan pemeriksaan Ketua KPU Empat Lawang tersebut oleh penyidik Polres Lahat. Menurut Anisa, tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh Ketua KPU Empat Lawang tersebut dalam mengambil kunci kotak suara di kantor KPU Empat Lawang.

“Yang diambil bukan kunci kotak suara, tetapi kunci kantor KPU. Itu wajar, karena yang diambil adalah kunci kantor sendiri bukan kunci kantor milik orang lain dan itu juga sudah diserahkan ke Polres Lahat,” belanya.

Pengambilan kunci tersebut sambungnya, juga tidak ada persoalan dengan kotak suara di kecamatan yang diributkan yakni kotak suara milik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Muara Pinang. Sebab kotak suara itu sebut Anisa, sudah dikirim ke Palembang dan tidak ada di kantor KPU Empat Lawang.

Sebelumnya Ketua KPU Empat Lawang, Muroimin Zahri dan oknum polisi, Brigadir Pol Zamzami yang diduga telah melakukan pengambilan paksa kunci kotak suara di Kantor KPU Empat Lawang diperiksa di Mapolres Lahat.

Kapolres Empat Lawang, AKBP Dwi Santoso melalui Wakapolres, Kompol Amancik yang dihubungi membenarkan telah memeriksa kedua oknum yang dilaporkan.

Kedua oknmum yang dilaporkan tersebut jelasnya, telah memaksa Sekretaris KPU Empat Lawang, M Mursadi dan staf bagian logistik, Udaya untuk menyerahkan sepaket kunci kotak suara PPK Muara Pinang yang dalam sengketa.  “Sepaket kunci kotak suara yang diambil, telah kita amankan. Untuk proses pemeriksaanya keduanya dilakukan di Mapolres Lahat dengan pertimbangan keamanan dan kelancaran pemeriksaan,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *