Oknum PEJABAT PALI “JAGO” BOLOS

ilustrasi

Ilst.

PALI | KS-Displin kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Muaraenim yang bertugas di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), wilayah Kecamatan Talang Ubi ternyata sangat rendah.

Hal itu dibuktikan dengan adanya PNS yang suka bolos kerja, bahkan meninggalkan tugasnya berhari-hari hingga berbulan-bulan. Jika ini masih dibiarkan dan tidak ada tindakan tegas dari pemerintah terkait, bukan mustahil, pelayanan kepada masyarakat akan terbengkalai.

PNS yang kerap bolos yakni memegang jabatan penting di Kecamatan Talang Ubi. Sebut saja, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di Talang Ubi yaitu Kepala UPTD Terminal dan Perparkiran Talang Ubi, Simhar dan Kepala UPTD Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Talang Ubi, Bani.

Keduanya kerap mendapat sorotan dari masyarakat karena jarang terlihat masuk kantor. Masyarakat meminta agar Pemkab Muaraenim memberikan sanksi tegas berupa pencopotan jabatan kepada pejabat bandel tersebut.

 

Sebetulnya, informasi tentang jarang ngantornya kepala UPTD Terminal dan Perparkiran Talang Ubi, ternyata sudah lama menjadi buah bibir. Masyarakat di sekitaran terminal pun kalau ditanya siapa kepala UPTD Terminal, tak ada yang tahu namanya.

Pantauan dilapangan, ternyata benar saat awak media mendatangi Kantor UPTD Terminal dan menanyakan infomasi kepada beberapa pegawai, mereka tak berani memberikan komentar.

Ulah yang sama juga dilakukan Kepala UPTD PPKAD Talang Ubi, Bani. Oknum ini pun tidak pernah masuk ke di Kantor Kecamatan Talang Ubi. Bahkan, beberapa waktu lalu, awak media sempat menghubunginya namun  yang bersangkutan beralasan sakit.

Informasi yang didapat dari para staf di kantor Kecamatan Talang Ubi, tempat dimana sang Kepala UPTD PPKAD itu berkantor yang bersangkutan memang sudah jarang ngantor.

Bahkan, sejak Penjabat (Caretaker) Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo berkantor disana, yang bersangkutan sama sekali belum pernah nongol.

Namun pada intinya, secara tidak langsung kesemuanya mengakui informasi tersebut. Bahkan, saat meminta nomor handphone yang bersangkutan pun tak ada yang berani memberitahukan.

Smeentara itu, Camat Talang Ubi sendiri saat acara pembagian SPPT kepada Kades/ Lurah di aula kantor Kecamatan beberapa waktu lalu, sempat memberikan ancaman akan memberikan surat teguran kepada Kepala UPTD PPKAD Talang Ubi, yang kala itu juga tak hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat  Jaringan Kedaulatan Rakyat (LSM Sultan Amiril mengatakan, pihaknya pernah membuat surat pengaduan yang ditujukan kepada Kepala Dinas Perhubungan Muaraenim perihal Kepala UPTD Terminal yang jarang ngantor tersebut.

“Kita punya etika, hal ini sudah kita adukan ke Dinas Perhubungan melalui surat. Bahkan laporannya sudah kita sampaikan sekitar 3 – 4 bulan lalu. Surat tersebut kita tembuskan juga ke Bupati dan DPRD,” ungkap Sultan.

Sultan sendiri selaku masyarakat mengaku cukup kesal dengan kepala UPTD Terminal Talang Ubi. Bahkan, sejak surat tersebut ia kirimkan kepada Dinas Perhubungan pun, dirinya tidak pernah jumpa dengan Kepala UPTD.

“Kalau memang tidak sanggup menjadi Kepala UPTD, ya mundur saja, jangan ngilang-ngilang seperti hantu. Banyak orang-orang yang ingin jadi pegawai, jangan malas-malasan seperti itu,” ucapnya penuh kekesalan.

Menurut Sultan, jika tidak masuk kantor dalam satu minggu 3 kali tidak masuk, mungkin itu bisa dimaklumi. “Tapi, apa yang sudah dilakukan Kepala UPTD Terminal tersebut sudah lain cerita alias keterlaluan. Ini kadang-kadang sebulan sekali. Kadang-kadang tidak sama sekali. Kalau pun datang ngambil setoran saja,” cetusnya.

Hal senada juga dikeluhkan Rojani, salah seorang warga yang tinggal tidak jauh dari terminal. Menurut Rojani, dirinya jarang melihat Kepala UPTD Terminal masuk kerja. Dan dirinya pun mengaku tidak mengetahui siapa nama Kepala UPTD Terminal tersebut

“Setahu saya kepala terminal itu ya Pak Rahman,” jawab Rojani, salah satu warga di Terminal ketika ditanya koran ini siapa nama Kepala UPTD Terminal.

Hingga berita ini diturunkan, koran ini pun kesulitan untuk mengkonfirmasi Kepala UPTD Terminal Talang Ubi, Simhar, dan Kepala UPTD PPKAD Talang Ubi, Bani secara langsung. Para staf yang berada di dua instansi tersebut tidak ada yang mengetahui nomor teleponnya.

Teks      : Indra Setia Haris

Editor  : Junaedi Abdillah




One thought on “Oknum PEJABAT PALI “JAGO” BOLOS

  1. Ari Kurniawan

    kapan PALI nak maju kalo pejabatnyo cak ini…makan gaji buto pantesan terminal tu dak karuan bentuknyo bau pesing dimano2 kayak kakus…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *