Wari Dukung Perda Kawasan Bebas Rokok

no-smokingLahat|KS-Bupati Lahat H. Saifudin Aswari Riva’i SE mendukung sepenuhnya langkah yang diambil Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Lahat pada Tahun 2014 mendatang yang berencana mengajukan pembentukan perda kawasan tampa rokok.

Hal tersebut diungkapkannya, Minggu, (16/6), kemarin.

Menurutnya, langkah yang di ambil oleh Dinas Kesahatan sangat baik untuk mejadikan masyarakat Lahat menjadi sehat. “Saya sangat merespon perencanaan perda ini, tentu saja akan memberikan kebaikan bagi masyarakat Lahat kedepannya, itu sangat bagus dek,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, dr H Muzakir mengatakan, hal tersebut sudah cukup lama direncanakan. Namun, lantaran karena banyak faktor yang harus dipertimbang, maka rencana tersebut akan diupayakan tahun 2014 mendatang.

Adapun kawasan bebas rokok, lanjutnya, yaitu perkantoran dan tempat keramaian yang akan sudah direncanakan pihak dinkes saat ini. Selain itu pihaknya akan belajar dengan daerah-daerah kabupaten kota yang sudah menerapkan perda kawasan bebas rokok.

“Meski kita nantinya menerapkan perda kawasan bebas rokok, tentunya juga ada tempat khusus bagi perokok, itu semua sudah kita pikirkan. Bila itu semua kedepannya berjalan tentu sangat berdampak besar bagi perokok pasif,” kata Muzakir.

Ia menambahkan, Dinkes sudah mengawali dan mensosialisasikan tentang kawasan bebas rokok di lingkungan kerjanya. Bagi pegawai yang bekerja dilingkungan kantor dinas kesehatan dilarang keras merokok sehingga di harapkan mampu memberikan contoh untuk perkantoran lain.

“Puskesmas tempat pelayanan kesehatan yang ada di kecamatan dan desa di Kabupaten Lahat juga harus memberikan contoh kepada masyarakat setempat supaya dikemudian hari akan berjalan sesuai harapan kita bersama,” ujarnya.

 

Teks : Jumra Zefri

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *