RSUD Dr Rabain Terapkan Pelayanan Prima

rsud-dr-rabain

RSUD Dr Rabain | Dok KS

MUARA ENIM / KS-Penerapan pelayanan prima terhadap pasien yang di rawat di Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) Dr Rabain Muara Enim ternyata bukan hanya isapan jempol belaka. Peningkatan pelayanan oleh tenaga medis maupun non medis telah dirasakan oleh para pasien yang dirawat di kelas tiga, dua, satu dan VIP.

“Pelayanan perawatan tenaga medis maupun non medis di  RDUD Dr Rabain ini sudah cukup baik. Dengan pelayanan yang baik, paling tidak kita sudah mendapatkan hak kita sebagaian pasien,” tutur Nopi (35), salah  yang di rawat di kelas dua ruangan bedah kepada koran ini, kemarin (16/6)

Kondisi kamar perawatan, lanjut Nopi  cukup bersih dan nyaman, sehingga pasien terasa tinggal dirumah sendiri, begitu juga perawatan kamar dalam seharinya  petugas cleaning service  melakukan pemembersihan hingga enam kali, sehingga  kamar pasien tertata rapih. Selain itu pada jam besuk pasien  juga diatur oleh petugas security sehingga pasien tidak terganggu.

“Keluarga pasien yang menjaga hanya di perbolehkan satu orang, begitu juga waktu besuk di batasi oleh RSUD, ucap Nopi yang sempat dirawat selama lima hari di RSUD Muara Enim.

Senada diungkapkan oleh, Yuyun (45), warga Karang Asam Kecamatan Lawang Kidul Tanjung Enim mengatakan, walaupun pengobatan anaknya menggunakan Askes dan  dirawat di kelas dua, namun pelayanan di berikan oleh RSUD Dr Rabain sangat baik, sehingga para pasien mendaapatkan haknya.

“Walaupun menggunakan Askes, pelayanan yang diberikan kepada kita sangat baik dan tidak banyak prosedur seperti sebelumnya, perubahan dalam bentuk memaksimalkan pelayan terhadap pasien seperti ini adalah salah satu prestasi yang sangat luar biasa, dan patut untuk dipertahankan. Soalnya untuk mendapatkan pelayanan yang baik adalah hak dari pada para pasien”, ujar Yuyun yang melakukan operasi anaknya Aditiya di ruangan bedah RSUD Dr Rabain Muara Enim, kemarin.

Sementara itu, Direktur RSUD Dr H M Rabain dr H Suwandi Safitra Sp A mengatakan pihaknya akan tetap komitmen dalam hal pelayanan. Peningkatan pelayanan diterapkannya melalui janji pelayanan yakni, memberikan pelayanan secara profesional sesuai dengan standar mutu dan hak asasi manusia. Kemudian,  membangun prinsip kebersamaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selanjutnya, tambah Suwandi, Misi RSUD H M Dr Rabain adalah yang mandiri dengan pelayanan prima. Kemudian misinya menciptakan mnajemen yang handal dan profesional dan mengembangkan kerjasama kemitraan dengan pihak ketiga. “Misi kita adalah mewujudkan pelayanan yang sesuai dengan standar mutu, serta berorientasi ke pelanggan serta berwawasan lingkungan,” pungkas Suawandi.

Teks     : Siswanto

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *