Piala Adipura Diarak Keliling Kota

Piala-Adipura-Kota-Pagaralam-diarak-keliling-kota

Piala Adipura diarak keliling kota Pagaralam | Dok KS

PAGARALAM, KS—Upaya mencurahkan rasa bangga atas keberhasilan meraih Piala Adipura untuk ketiga kalinya, piala lambang kebersihan kota tersebut diarak keliling kota Pagaralam. Arak-arakan tersebut dimulai di Alun-alun Pagaralam Selatan hingga Alun-alun Pagaralam Utara, Minggu (16/6).

Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam berhasil meraih penghargaan Piala Adipura kategori kota kecil terbersih untuk ketiga kalinya, sehingga hal dimaksud merupakan suatu kebanggan tersendiri.

Pantauan Kabar Sumatera, Piala Adipura langsung diarak keliling Kota Pagaralam guna memperlihatkan bahwa apa yang telah dicapai saat ini merupakan kerja keras dari Pemkot Pagaralam maupun seluruh lapisan masyarakat.

Prestasi yang diraih selama tiga tahun berturut-turut tersebut, tentunya tidak mudah untuk dipertahankan. Namun berkat  kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat mampu membuktikan bahwa Kota Pagaralam tetap terjaga kebersihannya.

Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati menjelaskan, kegiatan ini digelar bersama unsur Muspida sebagai salah satu apresiasi yang dipersembahkan untuk masyarakat.

“Sejauh ini, kita tidak akan mungkin dapat meraih piala ini jika tidak ada peran serta dari masyarakat yang ikut terlibat langsung. Sebab itu, saya memang sengaja mengarak langsung piala ini dalam rangka mengutarakan rasa kebanggaan tersendiri,” ujarnya.

Ia melanjutkan, melalui penghargaan ini pula secara khusus diucapkan banyak terima kasih kepada pasukan kuning atau petugas kebersihan yang merupakan tombak kebersihan di Pagaralam.

Meski demikian, hal yang terpenting kedepan bagaimana cara  masyarakat dapat tetap mempertahankan perilaku hidup bersih dan sehat, bukan hanya karena pialanya semata.

“Tak dapat dipungkiri, Pagaralam mampu mempertahankan Adipura tiga kali berturut-turut bukan merupakan hal yang mudah. Penghargaan ini merupakan suatu prestasi yang berarti dan yang paling utama adalah membangun tingkat kesadaran masyarakat untuk selalu hidup bersih,” jelas Ida.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setdako, Imam Pasli, SSTP MSi, mengatakan, penghargaan tersebut melengkapi kebanggaan bagi Kota Pagaralam berikut menjadi kado untuk Hari Jadi ke-12 tahun. Sebagai bentuk ungkapan kegembiraan dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Pagaralam, Pemkot Pagaralam menggelar acara urak-arakan Piala Adipura

di Pagaralam.

“Di Alun-alun Pagaralam Utara, kita akan mengadakan acara syukuran atas keberhasilan Kota Pagaralam meraih kembali Piala Adipura,” terangnya.

Ia mengatakan, penyerahan Piala Adipura ini diserahkan langsung oleh Presiden RI, Bapak Susilo Bambang Yudhoyonono (SBY) di Istana Negara Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (10/6) lalu. Namun mengingat banyaknya penghargaan yang langsung diberikan Presiden dan terbatasnya tempat di Istana Negara, maka penghargaan yang diberikan langsung oleh Presiden hanya bagi kabupaten/kota yang berhasil meraih Anugerah Adipura Kencana serta bagi kabupaten/kota untuk kali pertama mendapatkan Piala Adipura.

Sedangkan bagi kabupaten/kota yang sudah 2 kali dan atau lebih mendapatkan Piala Adipura, salah satu di antaranya adalah Kota Pagaralam, Piala Adipura untuk daerah penerima tersebut disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup, Prof DR Balthasar Kambuaya, di Assembly Hall Bidakara Jalan Jendral Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada malam harinya.

“Untuk Kota Pagaralam, penghargaan Adipura diterima oleh Wali Kota Pagaralam, Ida Fitriati Basjuni. Sedangkan terkait penghargaan tersebut, walikota pun  mengungkapkan bahwa piala Adipura tersebut merupakan simbol nilai-nilai kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu juga merupakan simbol diakuinya keberhasilan pemerintahan dalam menjalankan pembangunan berbasis lingkungan hidup,” kata Imam.

 

Teks : Anton Steven

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *