PERSIB VS SFC Duel sengit sisi Lapangan

sfc-persibBANDUNG | KS-Pertarungan dua tim besar Indonesia antara Persib Bandung melawan juara bertahan kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012/2013, Sriwijaya FC (SFC) di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (15/6) sore ini, pukul 15.30 WIB, diprediksi bakal menyajikan pertarungan sengit di sisi lapangan.

Kedua tim yang pada musim ini sama-sama menampilkan serangan dominan dengan mengandalkan kecepatan serta skill individu winger-winger handal, dipastikan bakal tetap memanfaatkan kelebihan pemain yang beroperasi di sektor tersebut guna membongkar pertahanan lawan.

Dari kubu tuan rumah, ada nama Atep, M. Ridwan, maupun mantan punggawa Laskar Wong Kito, Hilton Moreira yang juga mahir dalam menyisir sisi lapangan. Sebagai penyokong, Supardi Nasir, Tony Sucipto maupun Jajang Sukmara yang nantinya diturunkan mengisi kedua sisi pertahanan klub berjuluk Maung Bandung, akan tampil lebih aktif. Tidak hanya menjaga pertahanan, namun juga membantu tugas para winger dalam melakukan serangan.

Sedangkan dari tim lawan, ada sosok Ramdani Lestaluhu, Tantan serta Diego Michiels. Soal skill mengolah bola, kecepatan, kreativitas bahkan ketajaman, kemampuan ketiganya tidak perlu lagi diragukan. Tak jarang ketika lini depan mandul, gol hadir dari kaki dan kepala mereka.

Tercatan hanya Diego yang belum mampu menciptakan gol. Sementara dua nama lainnya, total sudah mengoleksi 12 gol (8 Tantan + 4 Ramdani). Soal kreasi, keduanya juga mantap ketika menjadi pelayan. Sebab, berdasarkan statistik yang dihimpun Kabar Sumatera, Tantan sudah menciptakan tujuh assist dan Ramdani berjumlah empat. Fakta yang menggambarkan keduanya tak sungkan menjadi pelayan dengan memanjakan bomber utama.

Dibantu dua fullback ‘oncak’, Mahyadi Panggabean disisi kiri dan Fandy Mochtar sektor kanan, bisa dibayangkan betapa serunya pertempuran di sisi lapangan nanti. Sama-sama agresif, kreasi punggawa kedua tim tersebut juga akan membuat tegang disaat serangan cepat tersaji.

Mengacu pada fakta ini, pelatih SFC, Kas Hartadi juga tidak menampik jika sektor sayap akan lebih aktif. Sadar akan kelebihan timnya juga dimiliki tim lawan, dia ingin pemainnya tampil disiplin berlapis. Artinya, tugas dalam bertahan dan mematikan winger lawan tidak hanya tugas fullback, namun juga winger yang akan diturunkan nanti.

“Kekuatan Persib kita tahu betul jika mereka dibekali pemain yang memiliki skill serta kecepatan di atas rata-rata, terutama di sektor sayap. Ada Atep, M. Ridwan atau juga Hilton. Ketiganya sangat berbahaya dan untuk mematikannya kita juga menginstruksikan jika tak hanya tugas seorang fullback, namun juga pemain sayap kita,” terang Kas.

Jika mampu menguasai sektor sayap, Kas menyebut peluang timnya dapat mencuri poin di kandang Persib akan menjadi mudah. Sebab, dengan pemain sayap lawan yang tidak mendapat banyak ruang berkreasi, maka suplai bola matang terhadap bomber tajam, Sergio van Dijk akan semakin berkurang.

Meskipun hal tersebut tidak bisa menjadi patokan, mengingat Persib masih memiliki nama lain di lini tengah yang pandai memberi umpan manja terhadap Van Dijk, yakni Firman Utina. Tetapi untuk kemungkinan itu, pelatih asal Solo telah memikirkannya. Sebagai pengawal, dua nama sekaligus disiapkan.

Ponaryo Astaman maupun Ahmad Jufrianto dituntun secara aktif bergantian menempel ketat dan mempersempit ruang gerak Firman. Sedangkan satu nama lain, Erick Weeks Lewis disiapkan sebagai pengatur serangan. Disaat bola dikuasai SFC, maka dia dituntut secara cepat melakukan tusukan maupun mengirim umpan pada Herman Dzumafo Epandi untuk dituntaskan dengan gol.

“Kita sudah punya cara melawan Persib. Semua kemungkinan sudah kita pelajari dan kita siap mematikan setiap serangan lawan,” ujar mantan punggawa Arseto Solo.

Sementara pelatih Persib, Djadjang Nurjaman (Djanur) mengungkapkan sangat yakin terhadap tamu asal Sumatera bakal dominan melakukan serangan dari sayap. Melakukan serangan balik cepat yang dikomandoi Tantan, SFC akan coba menerobos kemudian menuntaskan serangan.

“Lawan SFC, counter attack menjadi fokus utama kita. Dan saya yakin mereka bakal menerapkan strategi itu layaknya ketika menaklukkan Persita,” ungkap Djanur.

Menanggapi kegarangan mantan anak asuhnya Dzumafo yang di laga terakhir SFC menyarangkan dua gol, Djanur mengaku tidak terlalu untuk memikirkannya. Justru dia berpesan agar tim tamulah yang waspada karena Persib memiliki banyak mantan pemain klub yang bermarkas di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang.

“Boleh saja mereka (SFC-red) meminta bocoran dari Dzumafo tentang kekuatan dan kelemahan kita. Tapi mereka juga mesti tahu, kita memiliki lebih dari satu mantan punggawa SFC. Yang tentunya sangat hafal tentang klub yang pernah ia bela lebih dari satu musim,” terangnya.

Pada tabel klasemen, hasil pertandingan kedua tim sangat rentan menghasilkan pergeseran posisi. Dengan SFC yang kini di posisi tiga mengemas 45 poin dari 22 pertandingan dipastikan bakal tergeser andai ditaklukkan Persib. Mengingat Atep Cs yang berada dibawahnya dengan jumlah satu laga lebih banyak hanya berselisih satu angka. Sementara jika hasilnya imbang atau SFC yang menang, maka posisi tidak akan mengalami perubahan.
Prakiraan Line up

Persib (4-4-2): 78. I Made Wirawan; 22. Supardi, 6. Herman Abanda, 2. Naseer Al Sebai, 16. Tony Sucipto; 24. Hariono, 15. Firman Utina, 23. M. Ridwan, 7. Atep (c); 18. Hilton Moreira, 10. Sergio van Dijk
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Sriwijaya FC (4-2-3-1): 33. Rivky Mokodompit; 23. Fandy Mochtar, 35. Lee Dong-Won, 28. Abdul Rahman, 24. Mahyadi Panggabean; 13. Ahmad Jufrianto, 11. Ponaryo Astaman (c); 94. Diego Michiels, 50. Erick Weeks Lewis, 10. Tantan; 99. Herman Dzumafo Epandi
Pelatih: Kas Hartadi
Lima Pertemuan Terakhir

ISL (09/03/13) Sriwijaya FC 2-1 Persib
ISL (11/07/12) Sriwijaya FC 1-0 Persib
ISL (07/12/11) Persib 1-0 Sriwijaya FC
ISL (11/04/11) Persib 1-0 Sriwijaya FC
ISL (12/01/11) Sriwijaya FC 4-1 Persib
Lima Pertandingan Terakhir Persib

ISL (11/06/13) Persib 4-3 PBR
ISL (03/06/13) Gresik U. 2-1 Persib
ISL (31/05/13) Arema 1-0 Persib
ISL (25/05/13) Persita 2-2 Persib
ISL (19/05/13) Persib 2-1 Persepam
Lima Pertandingan Terakhir Sriwijaya FC

ISL (10/06/13) Persita 2-4 Sriwijaya FC
ISL (27/05/13) Persipura 3-0 Sriwijaya FC
ISL (24/05/13) Persiwa 0-1 Sriwijaya FC
ISL (16/05/13) Sriwijaya FC 1-1 Persidafon
ISL (12/05/13) Sriwijaya FC 2-1 Persiram
TEKS: SADAM MAULANA.EDITOR:RINALDI SYAHRIL.FOTO:BAGUS KS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *