Kakemenag akan Panggil Kepsek MAN Lahat

Lahat | KSTerkuaknya dugaan pungutan liar (pungli)  di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lahat yang telah menjual kalender kepada siswanya, mendapat sorotan serius dari Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lahat,  H Winhartan S Ag MPdI. Bahkan, orang nomor satu di lingkungan Kemenag Kabupaten Lahat ini menegaskan,  sekolah bukan lahan untuk bisnis. Apalagi menurutnya, harga Rp25 ribu  perkalender yang dijual kepada siswa cukup berat bagi orang tua siswa.

“Jika memang orientasi penjualan kalender tersebut hanya untuk sebatas promosi, silakan saja. Tapi kalau untuk mencari keuntungan, sekolah bukan lahan bisnis,” tegas lelaki yang kerap disapa Win ini di ruang kerjanya, Kamis (13/6) kemarin.

Keharusan seluruh siswa membeli kalender ini, ungkap Winhartan, sangat disayangkan bila dilakukan untuk mencari keuntungan semata. Tetapi, bila dilakukan demi kepentingan sekolah, atau promosi MAN Lahat ke masyarakat, tentu harus didukung, asalkan harganya tidak terlalu tinggi.

“Memangnya kalender yang seperti apa harganya Rp25 ribu itu? Apalagi kalau menekan wali siswa harus membeli kalender. Sangat tidak dapat ditolerir kalau pihak MAN memaksa tiga bersaudara yang sekolah di sana semuanya wajib membeli. Tapi akan kami panggil dulu kepala sekolahnya guna menelusuri dulu tentang kasus ini,” katanya kepada Kabar Sumatera.

Selain itu, Winhartan juga unjuk bicara terkait adanya pungutan lain dari pihak sekolah yang membebankan siswa mengumpulkan uang untuk membeli perlengkapan ruang belajar, seperti lemari, ember, sapu dan lainnya, setiap tahun ajaran baru.

“Kan bisa kita gunakan dana BOS kalau untuk membeli lemari. Hal ini sudah pasti menjadi beban bagi orang tua siswa. Kalau di bawah Rp10 ribu persiswa, masih bisa ditolerir. Tapi, kalau pihak sekolah memungut sudah di atas sepuluh ribu ini sudah keterlaluan, kepala sekolah juga harus jeli, kalau memang membutuhkan perlengkapan kelas, harusnya mengusulkan kepada kami,” pungkasnya.

 

Teks / foto : Jumra Zefri

Editor: Sarono P Sasmito




One thought on “Kakemenag akan Panggil Kepsek MAN Lahat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *